RSS Feed

Batam Little Singapore

Posted on

INDONESIA adalah negeri yang kaya akan alam, serta kemajemukan budaya dan bahasa. Namun, selama ini, yang identik dengan dunia pariwisata Indonesia adalah Bali. Padahal, Indonesia mempunyai daerah tujuan wisata lain yang memiliki nilai jual. Salah satunya Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Kendati lebih dikenal dengan sebutan kota industri karena banyaknya industri yang beroperasi di daerah ini, Kota Batam tak kalah dengan sejumlah pesona wisata lainnya yang ada di Kepri.

Orang Singapura yang berkunjung ke Batam selalu memanggil kota, yang disebut sebagai Bandar Madani itu, dengan sebutan ‘little Singapore’ (Singapura kecil). Pasalnya, apa yang ada di Singapura hampir bisa ditemui di daerah ini, khususnya barangbarang impor bermerek dan murah.

Singapura dan Batam, yang hanya berjarak sekitar 20 km, juga menjadi latar belakang mengapa Batam dipanggil Singapura kecil oleh wisatawan mancanegara. Mungkin sebutan itu terlalu berlebihan. Namun, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan hal itu bukan sebutan yang berlebih an. Alasannya, sejak era 80-an, Batam sudah dikenal masyarakat Singapura.

“Hampir 10% pekerja di Batam adalah warga Singapura. Mereka bekerja di berbagai sektor industri. Batam tidak terlepas dari gemerlap Singapura. Itulah Batam,” kata dia kepada Media Indonesia.

Dia menjelaskan Kota Batam merupakan kota tujuan wisata di Indonesia, nomor tiga setelah Bali. Ini merupakan prestasi cukup baik di tingkat nasional. Tingkat kunjungan wisman dari tahun ke tahun terus meningkat secara signifi kan. Bahkan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, baik dalam maupun luar negeri, telah mencapai 2,2 juta orang pada 2010.

“Untuk triwulan pertama 2011 sudah ada peningkatan sebesar 4,3% kunjungan wisman ke Batam jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan mudah-mudahan target kunjungan wisman sebanyak 1,2 juta orang bisa tercapai hingga akhir tahun,” ujarnya.

Untuk itulah, lanjutnya, Pemkot Batam tidak mau setengah hati dalam memajukan wisata daerah. Salah satunya menyediakan berbagai informasi wisata di Bandara Hang Nadim Batam.

“Semuanya kami perhatikan. Memang tidak mudah, tapi prestasi di tempat ketiga di tingkat nasional itu harus kami pertahankan, kalau bisa kami di tingkat pertama,” paparnya.

Banyak pilihan yang menjadi alasan untuk berkunjung ke Batam, mulai barang murah, hingga variasi kuliner yang menggiurkan selera. Tidak mengherankan, kota ini tidak pernah sepi dari wisatawan asing dan dalam negeri.

Di kawasan Nagoya, misalnya, selalu ramai dikunjungi, terutama wisatawan asing. Kawasan itu pun dikenal sebagai ˜kampung bule”. Kawasan ini memang hidup ketika malam hari.

Kawasan lain yang cukup di kenal adalah kawasan bisnis seperti Nagoya, Sei Jodoh, atau Batam Center. Di sana, Anda dapat berburu barang-barang impor seperti parfum dan barang-barang elektronik.

Kota ini juga terkenal dengan resor dan hotel mewah. Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan penginapan di kota ini. Dari losmen hingga tempat penginapan mewah tersedia.

Lokasi strategis

Industri pariwisata di Batam kini memang tengah tumbuh. Hal itu diakui Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Asita) Kepri Kadek Sutraini. Dia mengakui, di Batam, banyak lokasi strategis yang layak untuk dikunjungi. Tempat-tempat itu di antaranya Pulau Rempang dan Galang. Sementara itu, tempat wisata yang wajib dikunjung wisman adalah Jembatan Batam-Rempang-Galang (Barelang) dan lokasi menarik seperti tempat bekas penampungan pengungsi Vietnam, yang setiap tahun digelar acara menarik untuk menarik wisatawan.

“Tidak ada spesifi kasi wisata di Batam, semuanya tersedia. Selain berbelanja, kuliner, wisata air, semuanya ada, bahkan wisata religius pun tersedia,” katanya.

Menurut dia, saat ini, infrastruktur pendukung untuk menyambut Visit Batam 2011 sudah sangat mem bantu wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini. Namun, pelaku industri pariwisata mengharapkan pemerintah daerah dan pusat mendukung promosi kawasan-kawasan wisata agar tujuan tersebut tercapai. ( Hendri Kremer, media indonesia)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: