RSS Feed

Ayo Lirik Wisata Domestik

Posted on

LIBUR sekolah sebentar lagi tiba. Mulai tempat rekreasi, water park, sampai hiburan kelas atas hotel berbintang menyiapkan segala kebutuhan Anda untuk berlibur.

Mereka pun sibuk mempromosikan berbagai program untuk menarik para tamu berkunjung. Nah, agar liburan terasa menyenangkan, cobalah singgah ke tempat rekreasi yang belum pernah dikunjungi. Hal-hal baru bisa Anda dapatkan di sana bersama keluarga.

Itu sekaligus memberi tambahan referensi bagi tempat rekreasi favorit ke depan nantinya. Lebih menarik lagi jika Anda beserta keluarga menyiapkan konsep liburan sekolah, seperti berpetualang, wisata buah, mengunjungi pantai, atau sekadar mengajak anak-anak keliling kota.

Dengan konsep yang matang, Anda bisa menentukan berapa estimasi biaya yang akan dikeluarkan, seberapa efektif waktu yang direncanakan, atau adakah tujuan pendidikan dalam liburan tersebut untuk anak.

Untuk liburan tahun ini,apakah Anda bingung menentukan pilihan untuk berlibur di dalam negeri atau di luar negeri? Trinity, travel blog naked-traveler.com, menyarankan agar membawa keluarga untuk lebih mengenal Indonesia. Alasannya, Indonesia memiliki banyak tempat indah dan unik.

“Indonesia is the best, semua ada. Semua hal yang orang cari sebagai daya tarik pariwisata kita punya, kecuali hujan salju,” ujar Trinity beberapa waktu lalu.

Keanekaragaman hayati
Selain keindahan alam, travel bloger pertama di Indonesia ini menyoroti keanekaragaman hayati di Indonesia. Sebagai negara beriklim tropis, jenis dan jumlah keanekaragaman hayati Indonesia memang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan negara-negara subtropis atau empat musim.

“Masalahnya, kita tidak melihat itu sebagai suatu potensi. Kita melihatnya lewat kacamata orang Indonesia, yang menganggap hal itu ‘biasa saja’,” tandasnya.

Indonesia memang memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, baik flora maupun fauna. Keanekaragaman hayati fauna Indonesia mencakup 515 spesies mamalia, 1.531 spesies burung (397 di antaranya endemik), 270 spesies amfibi (100 di antaranya endemik), 35 spesies primata, dan sekitar 1.400 spesies ikan air tawar.

Dengan alam yang membentang dari dasar lautan hingga puncak gunung, Indonesia memiliki berbagai tempat wisata alam yang menawan. Puncak-puncak gunung juga menggoda untuk dijelajahi. Bukan cuma itu, keanekaragaman 300 suku pun membuat daya tarik sendiri. Apalagi, setiap suku memiliki hasil karya cipta, rasa, dan karsa yang unik.

“Indonesia memiliki beragam keindahan alam dan budaya. Itu diakui wisatawan asing yang datang ke sini. Bahkan, mereka yang sudah datang ke sini menyatakan ingin datang lagi ke sini,” ujar anggota Komisi X DPR RI Venna Melinda.

Sayangnya, kata Venna, pariwisata di Indonesia kurang digarap secara maksimal. Kendalanya adalah masalah infrastruktur dan transportasi menuju objek wisata tersebut. Menurut dia, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata harus lebih memperhatikan masalah itu. “Dengan ketersediaan infrastruktur dan transportasi yang baik, seluruh objek wisata di Indonesia dapat dijelajahi sehingga tidak seputar Bali dan Lombok saja,” harap Venna. (Amalia Susanti – mediaindonesia)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: