RSS Feed

Tips Agar Liburan Tim Anda Menyenangkan …

JIKA ditunjuk sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam liburan secara berkelompok, Anda harus menangani segala hal terkait kebutuhan perjalanan dan mengurusi para anggota.

Berpergian bersama keluarga, teman-teman ataupun organisasi, biasanya cenderung mudah timbul konflik. Kuncinya adalah tetap menjaga kebersamaan dalam kelompok dengan membangun sistem komunikasi yang baik. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar liburan menjadi menyenangkan:

1. Diskusikan dengan para anggota grup terkait pendapat mereka tentang kegiatan liburan yang akan dilakukan. Buatlah kesepakatan peraturan yang harus dipatuhi bersama. Misalnya seperti ketepatan waktu saat berkumpul, menghindari gosip dan keseragaman pendapat dalam rencana perjalanan.

2. Diskusikan strategi mendasar untuk tetap menjaga jaringan komunikasi sebelum konflik terjadi. Tiap anggota harus tahu bahwa mereka berhak mengekspresikan opini tanpa harus diadili oleh anggota lainnya.

3. Saat konflik timbul biasanya masing-masing orang cenderung memprioritaskan opini mereka sendiri. Carilah kesepakatan bersama tanpa merugikan pihak satu dan menguntungkan pihak lain.

4. Tetapkan jadwal berpergian untuk semua orang dan pastikan anda tahu kemana tiap anggota pergi. Mungkin terkesan berlebihan, tapi ini untuk menghindari kepanikan jika ada anggota yang tak nampak di tengah kelompok.

5. Tak perduli grup terdiri dari anak-anak ataupun orang dewasa, ketika konflik terjadi pisahkan kedua pihak yang berseteru. Hal tersebut bisa memberikan waktu bagi keduanya untuk menenangkan diri kemudian menganalisa permasalahan lebih jelas

Melakukan liburan dengan jumlah anggota yang cukup banyak tidaklah mudah. akan banyak bermunculan pendapat dan keegosian masing-masing individu. Sebagai pemimpin grup, Anda harus jauh lebih bijaksana dalam bersikap. (thetravelerszone.com)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: