RSS Feed

Ketahui ini Sebelum Melancong ke Negara Rawan Gempa

Posted on
Ketahui ini Sebelum Melancong ke Negara Rawan Gempa

BENCANA alam adalah hal terakhir yang pastinya ingin Anda pikirkan sebelum pergi berlibur. Itu tak ada salahnya karena dimana dan kapan saja, bencana bisa saja terjadi. Nah, berkaca dari gempa bumi tragis yang melanda Jepang dan Selandia Baru, berikut panduan yang akan berguna sebelum berkunjung ke lokasi rawan gempa.

Sebelum pergi
Satu hal dasar sebelum pergi ialah Anda harus mendaftar kepada kedutaan negara Anda di negara yang akan dituju. Sebaiknya Anda juga harus menelepon kedutaan secara langsung.

Ketika tiba di tempat tujuan

1. Masukkan nomor telepon kedutaan dan nomor penting lokal lainnya di dompet atau ponsel Anda.

2. Sesampainya di kamar hotel, periksa bagian-bagian yang bisa menjadi tempat berlindung saat terjadi gempa bumi, misalnya seperti di bawah meja berat. Sebaiknya jangan di bagian dinding dalam, menjauh dari jendela atau cermin, dan jauh dari furnitur berat yang bisa terjatuh sewaktu-waktu.

Selama gempa bumi

1. Jika sedang berada di kamar hotel segera pergi ke salah satu tempat yang Anda anggap aman. Jika Anda mendapati kamar tanpa perabotan yang kokoh, sebaiknya mendekam di sudut dalam gedung sambil menutup wajah dan kepala dengan tangan.

2. Jika Anda berada di luar ruangan, segera bergerak jauh dari bangunan dan lampu jalananan.

3. Bila sedang mengemudi, sebaiknya menjauh dari jembatan, jalan layang dan saluran listrik. Tetap tinggal di dalam mobil dengan sabuk pengaman sampai gempa berhenti.

Jika terjebak

1. Sebisa mungkin jangan menyalakan korek api karena dapat berbahaya jika terjadi kebocoran gas. Tutup mulut Anda dengan pakaian atau saputangan, dan bergerak sesedikit mungkin untuk menghindari menghirup gas berbahaya.

2. Tiup sesuatu, peluit, atau benda lainnya yang tersedia untuk membuat suara penyelamatan. Sebaiknya hanya berteriak jika benar-benar harus karena itu dapat menyebabkan Anda menghirup debu atau gas beracun.

Setelah gempa bumi

1. Tunggu sampai getaran benar-benar berhenti sebelum meninggalkan tempat aman dan jika bangunan atau hotel tempat Anda berada sepertinya tidak mengalami kerusakan, sebaiknya tetap tinggal di dalam.

2. Bila tetap ingin turun keluar kamar, sebaiknya gunakan tangga, jangan lift. Ide yang baik untuk memakai celana panjang, kemeja lengan panjang dan sepatu yang kuat untuk melindungi diri dari pecahan benda-benda kaca. Jangan lupa perhatikan kabel listrik yang jatuh atau saluran gas yang rusak.

3. Jika Anda ada di daerah pesisir, dengarkan peringatan tsunami dengan seksama dan segera pindah ke tempat yang lebih tinggi.

4. Setelah yakin jika Anda dan sahabat atau teman lainnya aman, segera hubungi kedutaan atau lihat website kantor asing negara Anda untuk mengetahui cara terbaik mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

Setelah terjadinya gempa bumi, bersiaplah untuk gempa susulan. Sebaiknya tetap waspada dan bersiap dengan telepon atau ponsel untuk panggilan darurat. Ini untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. Dan pastikan untuk memberitahu teman dan anggota keluarga di rumah mengenai keselamatan Anda. (bbc)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: