RSS Feed

Lima Gunung Berapi Menakjubkan di China

Posted on

GUNUNG berapi ketika bererupsi bisa menimbulkan dampak yang mengerikan. Namun dibalik itu tersimpan keindahan dalam bentuk dan pemandangan alam di sekitarnya. Nah, bila Anda berencana melancong ke China, berikut beberapa gunung berapi dengan pesona alam yang memesona:

1. Gunung Berapi Tengchong, Provinsi Yunnan

Terselip di daerah Tengchong di bagian selatan Gunung Hengduan di Propinsi Yunnan, Gunung Berapi Tengchong menikmati ketenaran sebagai “museum geologi alam.” Ini adalah gunung berapi nomor satu di China dengan ukuran, variasi, pelestarian dan distribusi yang tersusun rapi.

Untuk menikmati pesona Gunung Berapi Tengchong, Anda dikenakan tiket masuk 30 yuan (sekitar Rp40 ribu). Transportasi menuju gunung berapi ini bisa menggunakan minibus dari Tengchong Passenger Station menuju Mazhan, dan berjalan sekitar 300 meter ke taman gunung berapi.

2. Taman Hutan Nasional Wudalianchi, Provinsi Heilongjiang

Taman Hutan Nasional Wudalianchi bisa Anda temukan di Provinsi Heilongjiang di timur laut China, antara Gunung Xiaoxing’anling dan dataran Songnen.

Taman Hutan Nasional Wudalianchi adalah keajaiban topografi yang tercipta dari letusan gunung berapi lebih dari 60.000 tahun yang lalu. Gunung-gunung dan gua-gua di sekitar danau serta perairan di dalam area taman nasional ini dikenal karena bentuk dan warnanya yang eksotis.

3. Gunung Berapi Datong, Provinsi Shanxi

Terletak di timur laut Kota Datong di Propinsi Shanxi, Gunung Berapi Datong adalah satu-satunya kawasan vulkanik yang terkonsentrasi di China Utara. Di sana Anda akan menemukan lebih dari 30 gunung berapi yang tersebar di wilayah seluas 60 kilometer persegi. Gunung yang paling penting di antaranya Heishan, Jinshan, Langwoshan dan Gelaoshan.

Untuk menikmati gugusan gunung yang masuk ke dalam kesatuan Gunung Berapi Datong, Anda dikenakan biaya masuk 5 yuan (sekitar Rp6 ribu).

4. Gunung Berapi Yutian, daerah otonomi Xinjiang Uygur

Gunung berapi Pulu terletak di selatan Gunung Kunlun di Yutian, daerah otonomi Xinjiang Uygur. Aktivitas gunung berapi ini telah terdata lebih dari satu juta tahun yang lalu. Selain menawarkan pesona alam, lokasi Gunung Berapi Yutian juga sangat penting untuk studi pembentukan Dataran Tinggi Qinghai-Tibet dan Gunung Kunlun.

5. Gunung Berapi Haikou Shishan, Provinsi Hainan

Terletak 15 kilometer dari kota Haikou di Provinsi Hainan, Gunung Berapi Haikou Shishan yang menjadi bagian taman nasional adalah museum geologi vulkanik alami yang menawarkan tampilan menakjubkan. Ini adalah salah satu gunung berapi aktif milik Holocene Epoch.

Tempat disekitar Gunung Berapi Haikou Shishan ditumbuhi dengan buah-buahan tropis dan hutan primer. Selain itu, terdapat pula 72 gua karst bawah tanah di mana yang paling terkenal ialah Gua Wolong dan Gua Xianren. (xinhua

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: