RSS Feed

10 Perairan Terbaik di Dunia

ALAM menjadi inspirasi yang paling menyenangkan dalam hidup kita, khususnya saat melihat perairan-perairan eksotis. Anda tertarik untuk mengunjunginya? Berikut 10 perairan terbaik di dunia seperti dikutip dari laman nationalgeographic.com.

1. Air Terjun Victoria, Zimbabwe-Zambia

Suara gemuruh dan kabut selalu datang ketika air mulai turun dari Sungai Zambezi menuju ngarai setinggi 328 kaki (100 meter) ke bawah. Victoria adalah salah satu air terjun terbesar di dunia yang terletak di antara negara-negara Zambia dan Zimbabwe, Afrika.

Waktu yang paling tepat berkunjung adalah ketika volume air tidak tinggi dan aliran air deras. Hindari juga perjalanan di waktu musim hujan (mulai pertengahan November hingga April).

2. Terusan Venesia, Italia

Venesia menjadi salah satu andalan wisata air terkenal di Italia. Berbagai kanal dan gondola (perahu air) menciptakan suasana yang paling romantis di dunia ini. Selama perjalanan ini Anda akan mudah menyaksikan Grand Canal, bangunan kuno Palazzo dan Jembatan Rialto dari atas perahu gondola.

Venesia adalah sebuah kota yang dibangun di atas air. Seringkali kota ini juga disebut sebagai kota terapung dengan 150 saluran airnya yang menghubungkan hampir 700 pulau-pulau kecil di sekitarnya.

3. Great Barrier Reef, Australia

Great Barrier Reef adalah sistem terumbu terbesar di dunia yang menempati wilayah seluas 344.400 kilometer persegi di laut koral. Di tempat ini setidaknya telah ditemukan lebih dari 2.900 jenis terumbu berbeda dan 900 pulau.

Karena keindahannya itu, Great Barrier Reef telah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia di negeri kanguru itu. Lebih dari 10.000 spesies, termasuk 1.500 jenis ikan dan 200 jenis burung, tinggal di wilayah ini.

Ratusan ribu pengunjung sering datang ke Great Barrier Reef untuk diving, snorkeling dan berperahu setiap tahunnya.Great Barrier Reef berada di lepas pantai Queensland atau lebih tepatnya di timur laut Australia.

4. Sungai Li, China

Aliran sungai di tempat ini begitu tenang dan baik dilewati dengan perahu rakit yang terbuat dari bambu. Pemandangan di perairan Li sangat mempesona, khususnya pada saat kabut turun dan menyelimuti beberapa bagian sungai dan di sekitar puncak gunung.

Selama melakukan perjalanan di Sungai Li, berbagai kegiatan yang menarik mudah dilihat dari atas perahu. Mulai dari keindahan sawah yang bertingkat (terasering) hingga seekor kerbau yang sedang menarik gerobak di tengah sawah.

Sungai Li berada di antara kota Guilin dan Yangshuo sepanjang 51 mil (83 kilometer).

5. Terusan Suez, Mesir

Wilayah perairan ini dulunya dibuat kolonial Kerajaan Inggris (1859-1869) sebagai penghubung paling efektif antara Laut Mediterania dengan Laut Merah sepanjang160 kilometer.

Mungkin jika belum ada tempat ini, setiap orang yang berlayar dari Italia ke Singapura harus melewati wilayah di selatan Afrika dalam waktu dan jarak yang lebih panjang. Tapi untuk saat ini, Anda bisa berlayar melalui Terusan Suez di Mesir yang dikelilingi wilayah kering dan tandus.

6. Danau Como, Italia

Ribuan tahun lalu danau ini terbentuk akibat sebuah gletser yang mengukir puncak dan lembah Alpen hingga ke wilayah Lombard (48 km) di utara Milan, Italia. Danau Como mencakup perairan seluas 146 kilometer persegi di antara Careno dan Argegno.

Selain sebagai danau besar di negeri Italia, Como telah lama dikenal sebagai “cermin Venus”, yang artinya bahwa danau ini memiliki air biru yang tenang dan dikelilingi oleh banyak vila mewah, pegunungan serta wilayah pedesaaan kuno.

7. Danau Baikal, Rusia

“Galapagos Rusia” atau julukan untuk Danau Baikal merupakan salah satu lingkungan terkaya di dunia yang paling langka bagi kehidupan fauna air tawar. Di musim dingin, Baikal membeku menjadi es dan di saat panas kembali cair.

Danau di tenggara Siberia. ini adalah danau terbesar, terdalam dan juga tertua (25 juta tahun) di dunia. Keindahan alam Danau Baikal bisa Anda saksikan dari puncak Pegunungan Barguzin.

8. Sungai Nil, Mesir

Berbeda dengan Suez, Nil lebih dikenal sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil mengalir sepanjang 6.650 km atau 4.132 mil dan membelah beberapa negara, seperti Mesir, Etiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi dan Sudan.

Area tanah di sepanjang daerah aliran Sungai Nil juga menjadi subur, sehingga penduduk setempat mampu bertani dan mendapat mata pencaharian dengan baik.

9. Bora-Bora, Pasifik Selatan

Keindahan Pulau Bora-Bora di Pasifik Selatan ini bisa menjadi terbaik di dunia. Ini adalah sebuah laguna biru tropis yang dikelilingi terumbu karang dan gunung berapi. Biasanya orang-orang memilih perairan di Bora-bora sebagai tempat untuk snorkeling dan menyelam atau bersantai di pantai pasir putih.

10. Laut Mati, Israel

Memang terlihat mati laut di wilayah Israel dan Yordania ini. Bahkan Laut Mati juga menempati ruang yang paling rendah di bumi (dengan garis pantai sekitar 400 meter) di bawah permukaan laut.

Uniknya lagi, jika Anda berendam di tempat ini tidak akan tenggelam. Alasannya adalah kandungan garam di Laut Mati sangatlah tinggi dan air yang mengalir ke Laut Mati langsung menguap ke udara meninggalkan banyak mineral.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: