RSS Feed

Lokasi Wisata Favorit untuk Pecinta Buku

BEBERAPA pecinta buku akan pergi menempuh jarak yang jauh untuk mengikuti jejak karakter idola di dalam buku favoritnya atau melihat lokasi pembuatan film yang diadaptasi dari buku tersebut. Bisa dikatakan, ini sebagai wisata sastra.

Wisata sastra bisa berupa ziarah ke tempat kelahiran seorang penulis tercinta atau kunjungan ke tempat-tempat tongkrongan karakter fiksi yang telah di tangkap dalam film layar lebar. Ingin melakukannya? Periksa ulasan dari frommers.com berikut ini. Barangkali Anda salah satu pecinta bukunya dan ingin memujudkan mimpi berada di antaranya.

1. Harry Potter

Pottermania bisa lebih dekat dengan Dunia Sihir Harry Potter, sebuah atraksi yang terletak di dalam Kepulauan Universal Orlando, Florida. Di sana, Anda bisa menemukan taman replika dari desa Hogsmeade, bersantap di Three Broomsticks dan menaiki wahana yang diciptakan oleh tangan-tangan para pembuat film yang telah disetujui Rowling sendiri.

Ada roller coaster Harry Potter and Forbidden Journey yang dinaiki 1 juta orang setiap bulannya. Selain itu, Anda bisa berjalan-jalan dalam pengalaman lain yang mungkin Anda bayangkan saat membaca buku ataupun melihat di filmnya.

2. Lord of the Rings

Keberhasilan trilogi “Lord of the Rings,” berdasarkan buku-buku karya JRR Tolkien, dibawa ke layar lebar oleh sutradara Peter Jackson. Negara yang menggambarkan keindahan lansekap alam di film tersebut ialah Selandia Baru. Ini secara tidak langsung menghidupkan kembali pariwisata Selandia Baru.

Salah satu objek wisatanya adalah Danau Selatan yang beroperasi di luar kota Queenstown, Selandia Baru. Tempat ini menampilkan beberapa lokasi, pemandangan dan adegan dari film. Saat berada di sini, Anda bisa mengenakan kostum LOTR dan membeli boneka karakter. Informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs http://www.lordoftheringstours.co.nz.

Sementara di pulau utara, penggemar Hobbit dapat mengikuti tur dua jam (www.hobbitontours.com) di atas lahan pertanian pribadi indah yang berada di 501 Buckland Road, Matamata.

3. Twilight

Sebuah titik awal yang baik untuk para penggemar Twilight saat berada di Forks, Washington adalah Forks Chamber of Commerce (www.forkswa.com). Di sana, Anda bisa mendapatkan peta, brosur dan informasi lainnya tentang tujuan Twilight, termasuk Departemen Kepolisian Kota Forks, Forks Outfitters, dan Forks High School. Di berbagai lokasi itu, Anda bisa mengabadikan momen favorit di dalam film dalam sebuah jepretan kamera.

4. Eat Pray Love

Ini tidak mengherankan jika sebuah memoar laris tentang perjalanan wanita keliling dunia mendorong para penggemarnya untuk mengikuti jejak penulis Elizabeth Gilbert. Di dalam filmnya yang diadaptasi dari buku, diperlihatkan tiga negara yang menjadi tujuan sang penulis yaitu Indonesia, India, dan Italia.

Bila tertarik untuk menelusurinya, STA Travel (eatpraylove.statravelpackages.com), mitra perjalanan untuk film Eat Pray Love, menawarkan perjalanan 21 hari menuju tiga negara tersebut, atau yang lebih pendek selama 5-8 hari menuju salah satu negaranya.

Sorotan utama dalam perjalanan ini ialah makan di Roma, mengunjungi situs spiritual di India seperti Taj Mahal dan Kuil Akshardham, dan dimanjakan oleh layanan spa di Bali.

Jika Anda lebih tertarik melakukan perjalanan sendiri bukan dipandu tur, Lonely Planet (www.lonelyplanet.com) membuat rekomendasi akomodasi dan wisata.

5. William Shakespeare

Sebuah titik awal yang baik untuk tur sastra adalah tempat kelahiran Shakespeare di Stratford-upon-Avon (www.stratford-upon-avon.co.uk). Di sana, Anda dapat berhenti di Perpustakaan Shakespeare yang memiliki koleksi kehidupan dan pekerjaan Shakespeare, termasuk edisi asli drama yang berasal dari 1623.

Stratford-upon-Avon juga merupakan rumah Royal Shakespeare Company (www.rsc.org.uk). Di sana ada teater yang mementaskan karya Shakespeare sepanjang musim dingin.

Di London, tempat lain yang layak dikunjungi adalah Shakespeare Globe Theatre (www.shakespeares-globe.org), musim teater berlangsung dari bulan April-Oktober. Pecinta buku juga dapat men-download buku panduan sastra dan peta tur berjalan kaki di London Get Reading (www.getlondonreading.co.uk)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

One response »

  1. Jadi Pngen ksana,api sayangnya jauh-jauh.hehehehhe

    Salam,
    Kid Blog

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: