RSS Feed

Bermain Air Sepuasnya di Pantai Bandengan

JALAN-jalan ke Jepara yang terkenal dengan sosok Raden Ajeng Kartini, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Pantai Bandengan, atau juga dikenal dengan sebutan Pantai Tirto Samudro. Ini adalah salah satu objek wisata pantai unggulan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, selain Pantai Kartini.

Pantai yang berjarak sekitar 8 kilometer sebelah utara dari pusat kota (Alun-alun) Jepara ini, terkenal dengan airnya yang jernih, hamparan pasir putihnya yang luas, dan rimbunannya pepohonan pandan di sepanjang bibir pantainya. Dengan kondisi pantai seperti itu, Anda dapat bermain air sepuasnya sambil menikmati semilir angin pantai.

Pantai yang sebagian besar lahannya ditumbuhi rimbunan pohon pandan ini juga cocok untuk kegiatan seperti camping, voli pantai, dan lain-lain. Anda juga dapat berenang, bermain ban, serta perahu kano.

Di lokasi obyek wisata Pantai Bandengan juga tersedia kapal wisata yang siap mengantarkan Anda berkeliling di sekitar pantai atau menuju ke Pulau Panjang yang terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya.

Tarif yang dikenakan setiap kapal relatif terjangkau, sekitar Rp 5.000 per orang untuk berkeliling di sekitar pantai dan Rp10.000 per orang untuk sekali perjalanan menuju Pulau Panjang.

Selain itu, setiap tahun (biasanya tengah tahun) di Pantai Bandengan juga diselenggarakan perlombaan motor cross dan festival layang-layang, baik yang berskala regional, nasional, maupun internasional. Ini sekaligus menjadi bonus atraksi saat berkunjung ke Pantai Bandengan.

Oiya, mendengar keanehan namanya, mungkin terbersit di hati Anda kenapa obyek wisata ini diberi nama bandengan. Dari cerita yang berkembang di masyarakat, nama Bandengan tidak bisa dipisahkan dengan legenda Pulau Karimunjawa. Legenda itu bercerita perihal keprihatian Sunan Muria atas kenakalan putranya, Amir Hasan.

Singkat cerita, sang sunan memerintahkan putranya untuk tinggal di sebuah pulau yang terlihat kremun-kremun (samar-samar) dari puncak Gunung Muria dengan maksud agar si anak sanggup menuai ilmu hikmah di pulau itu.

Dalam perjalanan menuju pulau yang oleh Sunan Muria dinamai karimun itu, sampailah sang putra di sebuah pantai yang memiliki rawa-rawa dan di dalamnya terdapat banyak ikan bandeng. Karena penduduk sekitar belum memberi nama pantai tersebut, kemudian sang putra menamai pantai itu dengan Pantai Bandengan. Itulah asal muasal nama Pantai Bandengan.

Bila berminat datang berkunjung, Anda bisa menemukan Pantai Bandengan di Desa Bandengan, Kecamatan Kota Jepara, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah.

Jika perjalanan dimulai dari arah Kota Semarang, Anda dapat menggunakan bus jurusan Semarang-Jepara. Setelah sampai di Terminal Bus Jepara, perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan umum jurusan Bandengan.

(wisatamelayu.com)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

One response »

  1. keep posting gan..jadikan indnesia tujuan traveller dunia🙂
    visit balik blog aku ya thx 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: