RSS Feed

Eloknya Pantai Palippis

KEMBALI membicarakan keindahan pantai, perjalanan kali ini akan menuju Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tepatnya di Pantai Palippis. Pantai yang terletak di sisi jalan umum yang menghubungkan beberapa kota di Provinsi Sulawesi Barat ini memiliki panorama alam yang menarik.

Pantai Palippis yang berada sekitar 20 kilometer dari Kota Polewali, menyuguhkan keindahan panorama pantai dengan pemandangan laut lepas. Pantai ini berada di sisi barat Pulau Sulawesi dan berhadapan langsung dengan laut yang memisahkan antara Pulau Sulawesi dengan pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Melihat laut yang membentang luas, Anda akan disuguhkan pemandangan tanpa batas dengan gulungan ombak yang terus bergulir. Selain keindahan pantai dan pemandangan laut, Pantai Palippis didukung panorama alam lain seperti gua kelelawar dan hamparan tebing batu karang.

Gua kelelawar tersebut terletak di atas bukit yang membentang tidak jauh dari bibir pantai. Sementara itu, hamparan tebing batu karang membentang tidak begitu jauh dari mulut gua kelelawar.

Pantai Palippis membentang sepanjang 3 kilometer di sebelah barat Pulau Sulawesi. Ini memberikan keleluasaan bagi siapapun saja yang datang untuk bermain, berlarian, atau menyongsong deburan ombak di sepanjang bibir pantai. Satu lagi yang juga dimiliki Pantai Palippis ialah pemandangan matahari tenggelam di ufuk barat yang mempesona.

Di samping menikmati panorama pantai, Anda juga dapat melihat batu karang yang membentuk tebing-tebing curam. Lawuang adalah nama sebuah tebing batu karang yang bisa Anda temukan di kawasan Pantai Palippis.

Hamparan batu karang yang langsung menghadap ke laut lepas tersebut menjadi daya tarik karena bentuknya yang unik. Apalagi, tebing tersebut berdiri menyerupai ngarai yang curam, berbelok-belok, terjal dengan ketinggian antara 30-80 meter.

Hal lain yang mungkin jarang ditemui, ialah Anda bisa melihat dari dekat pembuatan perahu sandeq khas masyarakat suku Mandar. Anda dapat mengetahui secara lengkap proses pembuatan perahu dari para pengrajin di sentra-sentra pembuatan perahu sandeq .

Semua kegiatan di Pantai Palippis pastinya akan sangat menyenangkan. Jika memutuskan akan ke sana, perjalanan dapat dimulai dari Bandara Tampa Padang, di Kota Mamuju. Dari bandara tersebut perjalanan dilanjutkan ke Kota Polewali, Ibu Kota Kabupaten Polewali Mandar dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 30 menit dengan menggunakan angkutan umum (bus) atau mobil pribadi.

Setelah sampai di Kota Polewali, kemudian perjalanan ke Pantai Palippis dilanjutkan menggunakan angkutan kota dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. (wisatamelayu.com)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: