RSS Feed

Berkunjung ke Candi Monyet di Nepal

SWAYAMBUNATH atau yang dikenal dengan Candi Monyet adalah sebuah stupa kuno yang paling penting di wilayah kuil Buddha Kathmandu, Nepal.

Menurut legenda Buddha, dulunya (sekitar 2.000 tahun yang lalu ) di tempat itu terdapat bunga teratai yang tumbuh sempurna di tengah danau besar di sekitar Lembah Kathmandu. Namun ketika Bodhisattva Manjusri mengeringkan danau dengan pedangnya, bunga teratai itu masih tetap ada dan berubah menjadi stupa (swayambhu).

Apa saja yang bisa dilakukan di sana? Pertama-tama Anda bisa menyaksikan dinding besar bergambar Buddha di bawah tangga. Setelah itu menyusuri bagian timur kuil dengan menaiki 365 anak tangga yang curam atau menggunakan taksi dan berjalan kaki ke puncak dari sisi barat kuil.

Di sepanjang tangga terdapat banyak batu mani yang ditulis dengan huruf-huruf mantra Tibet Om mani padme hum (“Hail to the jewel in the lotus”).

Di tempat ini juga banyak terlihat sekumpulan monyet atau kera yang melintas di hadapan Anda atau berdiri di ujung stupa.

Beberapa bangunan yang terkenal di wilayah kuil Kathmandu adalah Stupa Utama, Kuil Harati Devi, Shantipur, Pratappur, Anantapur, Biara Shri Raj Karma Mahavihar dan perunggu besar Vajra (petir).

Festival dan acara

Adapun festival utama yang dirayakan di Swayambhunath, yaitu Buddha Jayanti (pada bulan April atau Mei) dan Losar (pada bulan Februari atau Maret). Selama masa ini, banyak peziarah mengunjungi kuil dan para biarawan membuat pola seperti teratai di wilayah stupa dengan cat berwarna saffron. Sedangkan di bulan Agustus atau September juga ada perayaan penting Gunla.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: