RSS Feed

Eksotisme Pulau Sawi

MEMBICARAKAN pulau-pulau indah di nusantara pastinya akan membutuhkan waktu yang lama karena negeri ini dikaruniai gugusan pulau yang tak ternilai harganya. Salah satunya, Pulau Sawi. Pulau yang kaya akan biota laut dan pemandangan alam yang indah ini sejak 2009 mulai berbenah diri.

Adalah Kabupaten Ketapang yang memiliki gugusan pulau-pulau kecil. Terdapat 34 pulau yang termasuk ke dalam wilayah kabupaten ini termasuk Pulau Sawi. Daratan di pulau-pulau ini juga relatif berketinggian rendah, antara 0,5 hingga 30 meter di atas permukaan laut. Otomatis pulau-pulau tersebut memiliki pantai yang landai.

Di Pulau Sawi, Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan hasil perpaduan pasir putih yang terhampar sepanjang pantai, biota laut, tradisi masyarakat setempat, dan nyiur yang berjajar di sepanjang garis pantai.

Khusus air lautnya, Anda akan melihat permukaan yang jernih. Ini membuat kehidupan hewan dan tumbuhan di bawah permukaannya jelas terlihat. Tak heran kalau pulau ini kemudian mendapat julukan Pulau Bidadari.

Selain menikmati pemandangan alam dan pantai yang eksotis, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan wisata alam seperti berkemah, lintas alam menjelajahi pulau, menyelam, berenang, atau memancing.

Bila ingin merasakan keindahannya, akses transportasi menuju ke Pulau Sawi tidak terlalu sulit. Terlebih dulu Anda harus mencapai Sungai Tengar, Desa Mekar Sari, Kecamatan Kendawangan yang terletak kira-kira 70 kilometer di sebelah utara Kota Ketapang. Perjalanan ke Sungai Tengar dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat atau bus umum.

Dari Sungai Tenggar, perjalanan disambung dengan kapal motor yang banyak disewakan oleh penduduk setempat. Perjalanan dengan kapal motor ini memakan waktu sekitar 1 jam.

Sesampainya di Pulau Sawi, Anda dapat mendirikan kemah untuk menginap sembari menikmati pemandangan alam yang ada atau menyewa home stay yang dibangun untuk para wisatawan.

Untuk memudahkan transportasi ke pulau ini, Pemkab Ketapang juga telah membangun dermaga kecil bagi perahu motor yang akan singgah ke pulau. Jika ingin berperahu mengelilingi pulau, Anda tinggal menyewanya dari penduduk setempat. (wisatamelayu.com)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: