RSS Feed

Pagoda Shwedagon, Simbol Tersuci di Myanmar

KEMILAU emas dan dihiasi dengan berlian, Pagoda Shwedagon atau Shwedagon Paya setinggi 98 meter, adalah sebuah karya spektakuler dari arsitektur kuil Burma dan merupakan kuil Budha paling suci di Yangon dan seluruh Myanmar.

Pagoda Schwedagon berdiri di atas lahan seluas 5 hektare di atas bukit yang mempunyai ketinggian 58 meter di atas permukaan laut. Lebih tepatnya di sebelah barat Danau Kandawgyi, bukit Singuttara. Dengan ketinggian ini, Anda bisa melihat Pagoda Schwedagon dari hampir seluruh penjuru kota.

Di dalam kompleks pagoda, Anda akan menemukan empat jalan setapak tertutup yang mengarah ke mimbar pagoda. Baik pintu masuk selatan dan utara mempunyai pilihan lift atau tangga, sedangkan pintu masuk barat terdapat eskalator.

Untuk merasakan suasana yang ontentik, Anda bisa masuk melalui tangga timur karena akan melewati biara dan berbagai pedagang yang menjual kebutuhan biara.

Bila mencari jalur terdekat dari pintu masuk utama, Anda bisa menemukannya dari Jalan Schwedagon Paya di pintu masuk selatan. Pintu masuk ini dijaga oleh dua chinthe setinggi 18 kaki (mitos singa-naga). Anda harus melepas sepatu dan kaus kaki sebelum menaiki tangganya.

Selama melewati tangga, Anda akan melihat toko yang menjual bunga (baik yang asli dan kertas) untuk persembahan, gambar Buddha, dupa, barang antik dan barang-barang lainnya. Ketika matahari bersinar cerah, Anda akan merasakan pancaran warna yang luar biasa saat melangkah menuju bagian puncak kompleks kuil.

Bangunan utama yang menjadi pusat perhatian seluruh pengunjung di kompleks Pagoda Schwedagon adalah Stupa besar. Jalur tikar diletakkan di sekitarnya untuk melindungi kaki para pengunjung marmer panas yang panas.

Stupa besar itu benar-benar padat dan setiap inci ditutupi dengan emas. Sementara bagian atasnya ditaburi dengan berlian dengan total lebih dari 2.000 karat.

Stupa utama didukung sebuah alas persegi yang berdiri setinggi 6,4 meter di atas panggung. Pengaturan ini terpisah dari stupa lainnya. Pada panggung tersebut, Anda akan melihat stupa-stupa kecil dimana yang berukuran paling besar berdiri di empat arah mata angin, ukuran sedang di empat sudut, dan 60 stupa kecil lainnya di sekitar perimeter.

Selain stupa utama, masih ada beberapa bagian lain yang menarik untuk dilihat dalam balutan arsitektur yang unik dan khas. Ditambah nuansa emas di hampir keseluruhan kompleks pagoda, Anda senantiasa akan berdecak kagum.

Bila ingin berkunjung, Anda bisa datang hari apa saja mulai pukul 5.00-22.00 waktu setempat dengan biaya masuk sekitar Rp44 ribu. Untuk mengabadikan sebuah foto, Anda harus meminta izin terlebih dahulu dan biasanya dikenakan biaya tambahan yang sama dengan biaya masuknya.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: