RSS Feed

Mengenang Jimi Hendrix di Berbagai Belahan Dunia

MENGENANG 40 tahun kematian dan kebesaran musisi blues legendaris asal Seattle, Jimi Hendrix yang jatuh pada 18 September, sejumlah museum di berbagai belahan dunia menggelar pameran yang berhubungan dengan sang legenda.

Bagi Anda pecinta musik blues dan rock yang kebetulan sedang ke beberapa kota atau negara berikut ini, mungkin bisa mampir untuk bernostalgia.

1. London
Sampai 10 November 2010, London Handel House Museum akan memajang beberapa koleksi pria bernama lengkap James Marshall ‘Jimi’ Hendrix ini. Museum ini memungkinkan menggelar pameran karena memiliki kantor administrasi di apartemen London, tempat dimana Jimi tinggal dari 1968 sampai kematiannya di 1970.

Beberapa benda peninggalan salah satu ‘dewa gitar’ yang bisa Anda lihat di pameran ini adalah gitar custom merek Gibson yang dipakai Jimi pada Isle of Wight Festival Agustus 1970, lirik tulisan tangan ‘Stepping Stone’ dan ‘Lover or Confusion’, topi koboi hitam dan jaket beludru oranye dengan cetakan bunga yang terkenal di panggung.

Museum ini juga mensponsori tur wisata jalan kaki, konser dan panel diskusi.

2. Woodstock
Lagu kebangsaan Amerika The Star-Spangled Banner yang dimainkan Jimi di Festival Woodstock 1969, dianggap sebagai salah satu pertunjukan gitar terbesar yang pernah ada. Gambar Hendrix, audio dan videonya ditampilkan sepanjang tahun di Museum Woodstock di Bethel, New York. Tapi tahun ini, Jimi Hendrix akan dihormati dengan karangan bunga sederhana di monumen yang menandai festival Woodstock, sehingga para penggemar memiliki tempat untuk menghormati memorinya.

3. Washington D.C
Jimi Hendrix mengklaim dirinya sebagai perpaduan dari orang kulit hitam, Meksiko dan sedikit warisan Cherokee, jadi dia termasuk dalam sebuah pameran yang akan digelar hingga 2 Januari 2011, di Smithsonian Institution National Museum Indian American di Washington.

Benda peninggalan Jimi yang ada dalam pameran mulai dari kalung kulit dan kantong kulit sampai jaket kulit lengan panjang penuh warna yang ditampilkan untuk pertama kalinya.

4. Rock and Roll Hall of Fame

Di Cleveland, Ohio, Rock and Roll Hall of Fame and Museum memiliki pameran  permanen Jimi Hendrix yang menampilkan lebih dari 50 artefak. Pada pameran ini Anda bisa melihat gitar, poster konser, foto, handbills, gambar dan sofa dari rumah Jimi.

Di antara barang dan pakaian Jimi yang dipamerkan di Rock and Roll Hall of Fame, Anda akan menemukan pakaian yang dikenakannya di Love and Peace Festival di Jerman, yang ternyata menjadi akhir konsernya pada 6 September 1970.

5. Seattle
Di kampung halaman Jimi Hendrix, Seattle, Experience Music Project/Science Fiction Museum (EMP) juga memiliki galeri permanen Jimi Hendrix, diantaranya Fender Stratocaster putih yang dimainkan di Woodstock, pecahan gitar dari Monterey Pop Festival dan Teater Saville, buku harian, alamat buku dan artefak lainnya.

Untuk menandai peringatan 40 tahun kematian Hendrix, EMP juga menampilkan lirik tulisan tangan ‘Black Gold’, foto hitam putih dari pemakaman, dan beberapa item lainnya.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: