RSS Feed

Malioboro Perlu Tambahan Area Parkir

KAWASAN Malioboro Yogyakarta memerlukan tambahan area parkir kendaraan bermotor untuk mengatasi permasalahan kemacetan arus lalu lintas di kawasan tersebut. Hal ini diungkapkan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Yogyakarta, Selasa (14/9).

“Penambahan area parkir itu mutlak dilakukan karena Malioboro sudah tidak mampu menampung kendaraan bermotor yang masuk kawasan tersebut. Permasalahan kemacetan di Malioboro sampai kapan pun tidak akan pernah bisa teratasi selama area tambahan untuk parkir tidak segera dibangun,” katanya.

Menurut dia, selama Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak bisa mencari penyelesaian kesepakatan untuk menyediakan area 30 ribu meter persegi untuk parkir, kemacetan arus lalu lintas di Malioboro tidak akan pernah bisa diatasi.

“Saya memiliki harapan untuk mewujudkan area 30 ribu meter persegi yang bisa digunakan kendaraan bermotor untuk parkir. Ada beberapa tempat di sekitar Mailoboro yang bisa dibangun parkir tambahan,” ujar Sri Sultan.

Ia mengungkapkan, beberapa tempat yang bisa dijadikan area parkir antara lain sebelah utara DPRD DIY, sekitar bioskop Indra, Benteng Vredeburg di bawah tanah, dan dekat Stasiun Tugu. Semua tempat tersebut memungkinkan untuk dibuat 3-4 tingkat untuk parkir, sehingga area 30 ribu meter persegi itu bisa terwujud.

“Namun demikian, realisasi untuk mewujudkan area parkir itu memang masih terbentur adanya kendala investor terutama dari segi pembiayaan. Biayanya diperkirakan mencapai Rp100 miliar hingga Rp200 miliar,” ujarnya.

Selain Malioboro, sejumlah jalan di Yogyakarta juga perlu area parkir, di antaranya Jalan Panembahan Senopati, Jalan Mataram, Jalan Loji Kecil, sebelah Bhayangkara, dan Jalan Ahmad Dahlan.

“Kawasan itu harus menyediakan minimal 30 ribu meter persegi untuk parkir, karena tanpa area parkir akan sulit mengatasi kemacetan,” kata Sri Sultan.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: