RSS Feed

Wilayah Kumuh Rio di Brasil Jadi Kawasan Wisata

JIKA biasanya daerah kumuh dihindari untuk kegiatan wisata, namun hal sebaliknya justru terjadi di Rio de Janeiro, Brasil. Pejabat setempat mengundang wisatawan untuk datang ke kawasan kumuh Rio.

“Rio tidak akan dikenal hanya untuk patung Kristus, Gunung Sugar Loaf atau pantai Copacabana dan Ipanema,” ujar Menteri Pariwisata Brasil Luiz Barreto, seperti yang dikutip AP, Senin (30/8).

Program yang dibuat oleh pemerintah federal dan negara bagian ini termasuk kampanye pemasaran dan stan informasi yang dipasang di banyak tempat wisata tradisional.

Kota pertama yang dijadikan contoh adalah kota gubuk Santa Marta. Pada Senin (30/8), ini menjadi komunitas pertama yang digunakan untuk mempromosikan pariwisata di lingkungan miskin yang merupakan rumah bagi beberapa musik unik dan karya seni.

Penduduk di kawasan kumuh akan dilatih untuk bekerja sebagai pemandu wisata dan tanda-tanda jalan dalam bahasa Inggris juga akan dipasang di seluruh kota gubuk yang akan memiliki sekitar 30 objek wisata.

Beberapa objek wisata diantaranya, tempat pembuatan video Michael Jackson, sebuah sekolah samba dan karya seniman setempat, dan titik vista dengan pemandangan kota.

Program “Rio Top Tour: Rio de Janeiro dalam perspektif yang berbeda,” juga merupakan penghargaan untuk masyarakat seperti Santa Marta yang telah bersih dari kekerasan geng obat terlarang yang telah lama membuat bukit-bukit Rio yang penuh sesak, terkenal berbahaya.

Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva yang mengunjungi Santa Marta untuk secara resmi meluncurkan program tersebut mengatakan, ia bermaksud menyebarkan program wisata ini untuk masyarakat miskin lainnya di Rio dan seluruh Brasil.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: