RSS Feed

Voyage de la Vie, pertunjukan terbaru di Resort World Sentosa (RWS), Singapura

Posted on

Pertunjukan sirkus dengan atraksi-atraksi akrobatik yang menantang dan mendebarkan selalu menarik ditonton. Apalagi kalau dipadukan dengan sulap dan dikemas bergaya teater modern, didukung tata cahaya laser warna-warni atraktif menggoda, diiringi musik dan lagu cinta yang mendayu romantis.

Inilah Voyage de la Vie, pertunjukan terbaru di Resort World Sentosa (RWS), Singapura, dan Generating Company, Inggris. Voyage de la Vie merupakan produksi sirkus internasional pertama Singapura yang dibawakan lebih dari 40 anggota sirkus internasional. Tampil di dalamnya penyanyi serta komponis lokal Jonathan Leong sebagai pemeran protagonis bernama Boy.

Voyage de la Vie diawali dengan pertunjukan sulap sederhana, dilanjutkan pemain sirkus memakai kostum layaknya polisi masa depan. Mirip di film-film futuristik. Diiringi lagu dan musik rancak, mereka menari-nari dengan latar panggung perkotaan. Setting panggung berubah, berganti tangga-tangga tinggi miring ke kanan dan ke kiri. Mereka lincah menaikinya. Selanjutnya, adegan-adegan sirkus yang menegangkan melompat di atas ketinggian menggunakan tali panjang, diiringi lagu dan musik dinamis, diselingi beberapa adegan sulap, ditampilkan selama sekitar 1,5 jam.

Setting panggung terus berubah setiap adegan berganti. Seperti operet, Jonathan sesekali tampil menyanyi mengiringi jalannya cerita.

Voyage de la Vie yang berarti perjalanan hidup menceritakan kisah perjalanan seorang pemuda, Boy. Ia terjebak dalam rutinitas dunia modern dan frustrasi oleh tuntutan pekerjaan, berusaha mencari pelepasan tekanan yang dirasakannya dengan bermain game komputer di kantornya.

Secara ajaib, ia tersedot ke dalam komputernya dan fantasi, di mana dia melakukan perjalanan dalam imajinasinya yang gelap dan tersembunyi untuk menemukan sebuah tujuan dan kepuasan diri.

Dituntun Penjaga Lentera yang misterius dan seorang game master, ia bertemu karakter-karakter yang aneh yang menggambarkan godaan, kebebasan, konflik dan resolusi, serta kehidupan dan kematian, hingga masalah cinta dengan gadis impian.

Pengalaman itu mencapai klimaks saat Boy melewati batas imajinasinya dan menyadari bahwa perjalanan lah yang memperkaya jiwa, bukan tujuan.

Bintang sirkus

Voyage de la Vie menampilkan bintang-bintang sirkus terkemuka, seperti Viktor Kee, yang dikenal sebagai salah satu juggler terbaik dunia; Aurelia Cats, penari trapeze (akrobatik tali) dari Perancis, dan artis handstand (penari dengan kekuatan satu tangan), Melanie Chy dari Swiss. Juga ada ahli atraksi panah dari Finlandia, Martti Peltonen; Linna Aunola, penari akrobat tali asal Finlandia yang aksinya sungguh mendebarkan jantung; juga manusia karet nan-ajaib dari Rusia, Alexey Goloborodko, yang baru berusia 15 tahun; serta dua pesulap asal Las Vegas, Jarret dan Raja.

Atraksi Aurelia Cats dan Linna Aunola yang cantik itu benar-benar mendebarkan, membuat jantung hampir berhenti berdetak. Memakai kostum ketat dan sedikit terbuka, mereka meliuk-liuk, berputar di atas tali, dan melompat dari satu tali ke tali lain di atas ketinggian sekitar 20 meter.

Aksi Martii tidak kalah menegangkan. Memakai make up dan kostum seperti dalam film futuristik luar angkasa Star Trek, ia memamerkan kelihaiannya memanah apel yang ada di atas kepalanya. Panah sudah disiapkannya sedemikian rupa sehingga bisa memanah sendiri. Ia bahkan juga tepat memanah meski membelakangi sasaran. Alexey benar-benar seperti manusia karet. Ia bisa menekuk-nekuk badannya sesuka dia mau, seolah tidak memiliki tulang belakang yang kaku.

Pertunjukan ilustratif dan menghibur Voyage de la Vie dirancang Mark Fisher. Mark dikenal sebagai orang dibalik suksesnya hiburan terkemuka selama tiga dekade terakhir. Ia adalah perancang panggung tur dunia Pink Floyd, The Rolling Stones, U2, Tina Turner, dan Robbie Williams. Ia juga merancang acara pembukaan dan penutupan pesta olahraga sedunia, Olimpiade Beijing 2008, teatrikal sirkus We will Rock You, dan pertunjukan untuk Cirque du Soleil ”Ka”.

Lintas budaya

Mark, yang merupakan produser kreatif Voyage de la Vie, mengatakan ingin menciptakan sebuah pertunjukan yang dapat menggema di kawasan regional. ”Kami merasa sangat beruntung dapat bekerja dengan banyak talenta terbaik di Asia, dalam hal komposisi musik dan koreografi serta perancang kostum, tata suara dan cahaya yang saling mengisi dalam pertunjukan ini. Pertunjukan ini sungguh menampilkan yang terbaik dari Timur dan Barat untuk menceritakan kisah sederhana yang melintasi batas bahasa, generasi, dan budaya,” katanya.

Andrea Teo, Vice President of Entertainmet RWS dan Produser Eksekutif Voyage de la Vie, mengatakan, Voyage de la Vie merupakan proyek teater paling ambisius di Singapura hingga saat ini. ”Kami telah mengerjakan pertunjukan ini selama dua tahun dan kami bangga dapat menghasilkan sebuah warisan berharga yang kami harap bisa berlanjut untuk generasi berikutnya. Menghasilkan produksi asli dalam skala ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Pihaknya tertantang mewujudkan Voyage de la Vie karena memprediksi jenis atraksi ini bakal menjadi industri seni dan pertunjukan menjanjikan di Singapura. ”Kali ini kami menciptakan sebuah produksi orisinal dari awal,” katanya.

Pertunjukan perdana Voyage de la Vie sudah dimulai pada 17 Juni di Festive Grand RWS yang berkapasitas 1.600 kursi. Voyage de la Vie bisa dibilang sebagai pertunjukan sirkus paling spektakuler asal Singapura.

Voyage de la Vie kini menjadi pertunjukan tetap di RWS, sebuah resor terpadu dan megah yang dibangun dengan nilai investasi 4,4 juta dollar Amerika Serikat. Dengan harga tiket masuk 68 dollar Singapura atau sekitar Rp 442.000 hingga termahal 188 dollar Singapura (Rp 1,2 juta), rasanya sebanding dengan tontonan sirkus gaya baru yang sangat menghibur. Semua penonton pun bertepuk tangan panjang saat pentas ”perjalanan hidup baru” selesai dipentaskan. (kompas.com)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: