RSS Feed

Ngabuburit di Kampung Kauman, Yogyakarta

Posted on

APAKAH di bulan puasa ini, Anda hendak berkunjung ke Yogyakarta? Jika iya, jangan lewatkan kesempatan ngabuburit di Kampung Kauman. Menjelang puasa, salah satu gang di kampung ini akan mendadak riuh ramai oleh pedagang dan pembeli.

Kampung Kauman sendiri berada di kelurahan Ngupasan yang terletak di kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. Tidak sulit menemukan kampung ini karena berada diantara ikon terkenal Yogyakarta yaitu di sebelah selatan Malioboro dan di utara Kraton Nyayogyakarta.

Bila Anda bosan dengan menu berbuka yang biasa-biasa saja seperti gorengan ataupun kolak. Pasar Sore Ramadan yang rutin diadakan Kampung Kauman setiap bulan puasa adalah tempat yang tepat karena Anda bisa menemukan beberapa makanan khas di sini.

Memasuki gang-gang sempit di kampung ini, Anda akan merasakan nuansa Islami karena Kampung Kauman merupakan basis dari organisasi Islam Muhammadiyah yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan.

Suasana islami ini berjalan selaras dengan pasar kaget di salah satu gangnya yang rutin muncul menjelang sore hari. Ya, pasar yang menjual beraneka makanan ini memang selalu muncul menjelang waktu berbuka.

Di sini, berbagai macam makanan mulai dari makanan tradisional, kolak, aneka es, dan menu makanan ‘berat’ lainnya seperti gudeg atau sate bisa Anda temukan. Hal yang menarik, makanan tradisional yang jarang ditemukan pada hari-hari biasa, hadir di sini. Salah satunya adalah Kicak.

Kicak merupakan makanan khas Kauman yang terbuat dari ketan. Ketan ini dikukus dan dicampur dengan potongan nangka yang dilumuri parutan kelapa. Harga satu bungkus makanan ini cukup murah sekitar Rp2.000.

Saat di kampung Kauman, Anda juga jangan lupa mengunjungi Masjid Gede yang terkenal. Lapangan masjid ini selalu digunakan untuk acara tahunan grebekan pada setiap penyelenggaraan Sekaten oleh pihak Kraton Yogyakarta.

Dahulu, ini merupakan tempat tinggal para abdi dalem pametakan atau Penghulu kraton yaitu abdi dalem/pegawai kraton yang mengurusi bidang keagamaan Islam di lingkungan Kraton Ngayogyakarta hadiningrat.

Bila datang di siang hari, mungkin Anda bisa terlebih dahulu beribadah di Masjid Gede. Setelah itu, puaskan berkeliling memilih jajanan berbuka yang tersedia di salah satu gang kampung Kauman.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: