RSS Feed

Menunggu Matahari Terbenam di Taman Ayodya

Posted on

SORE itu, langit Jakarta mulai kelabu. Rintik hujan dengan butiran-butiran halusnya turun perlahan. Meskipun hujan akan menjelang, orang-orang yang sedari tadi berkumpul di Taman Ayodya, Barito, Jakarta Selatan, nampak masih betah berlama-lama.

Taman sepertinya masih menjadi barang yang langka di Jakarta, padahal taman sangat diperlukan sebagai tempat bersosialisasi, rekreasi dan area hijau diantara semakin akutnya polusi kota.

Taman Ayodya berdiri di lahan seluas 7.500 meter persegi pada sebuah lahan bekas pasar ikan hias. Di tengah taman juga terdapat danau buatan seluas 1.500 meter persegi. Meskipun tidak seluas Taman Suropati dan Taman Menteng, taman ini cukup menjadi lokasi favorit bagi sebagian warga Jakarta.

Landmark Taman Ayodya adalah empat buah pilar persegi yang dibangun sejajar di tengah dari pinggir hingga tengah danau. Selain itu, di satu sisi taman ada sebuah amphiteater mini namun tidak mirip dengan yang ada di Coloseum.

Di sekeliling taman, juga terdapat bangku-bangku yang biasa digunakan pasangan muda untuk mengobrol. Sedangkan para orang tua yang bersama anak biasanya lebih memilih duduk di pinggir danau.

Taman yang diresmi dibuka pada 2009 ini tidak mempunyai lahan datar yang luas karena bentuknya yang bulat dan perlahan mengerucut ke permukaan danau. Meskipun begitu taman ini cukup menjadi lokasi populer warga Jakarta Selatan terutama di akhir pekan.

Lokasi Taman Ayodya tidak jauh dari pusat perbelanjaan Blok M. Jadi bila Anda kebetulan sedang berbelanja di sana kemudian ingin santai sejenak mampirlah ke taman ini. Sambil membawa minuman dan makanan, Anda bisa duduk santai dan mengobrol panjang lebar.

Untuk santai di taman ini, Anda cukup membayar Rp1.000 sebagai uang parkir. Bila datang menggunkan motor ataupun mobil, Anda bisa memarkirnya di seputar taman.

Tidak jauh dari taman ini, Anda juga bisa menemukan beberapa tempat makan. Jadi, bila perut sudah tidak bisa berkompromi, Anda cukup berjalan beberapa meter untuk menemukannya.

Saat hari semakin beranjak sore, taman ini biasanya akan semakin penuh dengan orang-orang terutama kalangan anak muda. Namun bila Anda datang bersama anak-anak, tempat ini juga menjadi tujuan yang bisa menambah kedekatan Anda dengan mereka.

Selain taman hiburan ataupun kebun binatang, taman kota bisa menjadi lokasi yang menyenangkan untuk berkumpul bersama.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: