RSS Feed

Cermat Berlibur dengan Kartu Kredit

Posted on

BILA mendengar kata kartu kredit, sebagian orang malah mengalami fobia karena yang ada di dalam pikiran mereka utang bakal menumpuk. Tetapi untuk sebuah momen liburan sekolah yang tujuannya membahagiakan keluarga, menggunakan kartu kredit bisa menjadi pertimbangan.

Apalagi, hasil riset penerbit kartu kredit Visa International terhadap 7.500 wisatawan di seluruh Asia Pasifik, para pelancong sudah mulai melakukan perencanaan saat akan berwisata pada masa liburan.

Berdasarkan riset tersebut wisatawan di Asia Pasifik biasanya memerlukan waktu rata-rata 14 minggu untuk merencanakan liburan mereka. Tiga perempat dari responden mengaku lebih memilih merencanakan dan memesan liburan secara daring.

Untuk kebutuhan daring itu, internet merupakan sumber yang sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi perjalanan dan mengecek cara-cara pembayaran yang tersedia di tempat tujuan liburan.

Cara tersebut sangat digemari para turis dari India (21%) dan China (20%). Pelancong dari Jepang (53%) dan Korea (35%) lebih suka mengeceknya melalui teman-teman dan kerabat mereka. Para wisatawan dari Korea lebih suka mengecek cara pembayaran yang tersedia melalui bank mereka (37%).

Di sisi lain, riset tersebut juga mengungkapkan hampir satu dari dua orang responden (atau sekitar 45%) memilih mengunakan kartu pembayaran elektronik daripada uang tunai atau cek perjalanan untuk transaksi di luar negeri, dengan alasan untuk memperkecil risiko.

Dengan tren mendapat informasi dan memesan akomodasi secara daring, penggunaan kartu kredit untuk mempersiapkan liburan sangat tepat.

Meski begitu, dalam satu kesempatan pakar prencana keuangan Safir Senduk menilai penggunaan kartu kredit untuk kebutuhan liburan memiliki dua sisi yang harus diwaspadai. Dari sisi fungsinya, menurut Safir, kartu kredit memang sangat penting bagi para penggemar jalan-jalan. Segala kebutuhan akomodasi selama liburan dengan mudah dapat dibayar menggunakan kartu kredit.

Di sisi lain, kemudahan dan kenyamanan bagi pemegang kartu kredit bisa menjadi bencana bila pemegang kartu kredit tidak mampu menahan godaan saat promosi atau diskon dari penerbit kartu kredit.

Jadi, agar anggaran liburan tidak membengkak, sebelum memutuskan pergi ke suatu tempat, harus direncanakan secara matang pos-pos anggaran untuk berbelanja, sesuai dengan kebutuhan selama liburan.

Secara teknis ketika menggunakan kartu kredit sebenarnya pemegang kartu kredit harus yakin dapat membayarnya setelah datang tagihan. Pasalnya, segala bentuk transaksi seseorang selama berwisata itu sebenarnya ditalangi terlebih dahulu oleh bank penerbit kartu.

Lalu, pengguna kartu kredit bisa membayar tagihan transaksi yang telah dilakukan sekitar sebulan kemudian.

Jadi, yang harus diingat adalah sebesar apa pun kemudahan yang ditawarkan penerbit kartu kredit untuk mewujudkan liburan yang Anda idamkan, biaya yang timbul selama liburan tetap menjadi tanggung jawab pemegang kartu kredit.

Bila tagihan kartu kredit sudah dilayangkan, Susan McCarthy, penasihat fi nansial yang juga penulis buku The Value of Money, menyarankan agar jangan melakukan pembayaran tagihan minimal. Hal itu akan memperpanjang masa pembayaran dan bunga kartu kredit dan memperbesar utang secara keseluruhan.

Selain itu, jangan pernah melewatkan tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit. Bila hal itu terjadi, pemegang kartu kredit tidak hanya akan terkena denda akibat keterlambatan pembayaran, tetapi juga tingkat suku bunga yang semakin besar.

Dia menyarankan memanfaatkan fasilitas perbankan daring guna mempermudah pembayaran tagihan kartu kredit.

Jadi, bila Anda yakin secara fi nansial mampu membayar tagihan biaya liburan, selamat berlibur dengan menggunakan fasilitas kartu kredit.(Sadyo Kristiarto)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: