RSS Feed

36 Jam di Bordeaux, Prancis

Posted on

BORDEAUX, sebuah kota pelabuhan di Barat Daya Prancis telah bersolek. Dalam beberapa tahun terakhir, Bordeaux kian nampak halus dan elegan. Abad suram perlahan-lahan pudar seiring cahaya yang kian terang.

Bar, galeri seni, restoran dan tempat menarik lainnya kini tidak lagi malu untuk menampakkan diri dan berikut ini perjalanan selama 36 jam di Bordeaux yang dimulai Jumat, seperti dikutip dari nytimes.com.

1. Dermaga (Jumat, pukul 16.00 waktu setempat)

Mulai eksplorasi Anda di Bordeaux dengan mengendarai sistem trem futuristik ke Bassins a Flots. Pelabuhan yang dulunya kumuh namun telah dibersihkan, kini menjadi rumah bagi galeri kota yang paling inovatif.

Pameran menarik di wilayah ini berlangsung di Fonds Regional d’Art Contemporain (Hangar 2, Quai Armand Lalande), sebuah galeri yang dijalankan oleh badan pemerintah daerah yang mengumpulkan karya-karya seniman kontemporer di Prancis dan sekitarnya. Di gedung yang sama Anda juga bisa mengunjungi Arret sur L’Image, sebuah galeri yang khusus memamerkan karya di atas kertas dan desain mebel.

Masih dalam satu atap, Anda akan menemukan Le Garage Moderne yang merupakan sebuah hanggar yang dipenuhi dengan toko perbaikan otomatis dan galeri seni kontemporer mentah.

2. Pantalons Et Pastis (18.00)

Di tepi kiri Sungai Garonne, Anda akan menemukan gudang tua yang menjadi tempat toko-toko (Quai des Marques) yang seperti sebuah cermin air (ultrathin miroir d’eau) yang dibangun pada 2006. Tempat ini mencerminkan grand Place de la Bourse berikut pantai yang penuh dengan kafe.

Bila ingin minum-minum, Anda bisa datang ke kafe L’Ibaia. Sambil minum, Anda juga dapat menyaksikan matahari terbenam.

3. Merasakan olahan minyak zaitun (21.00)

Bila ingin merasakan olahan aneh dari minyak zaitun, Anda bisa datang ke restoran Septieme Peche yang terletak di 65, Cours de Verdun. Berbagai menu di sini mempunyai harga antara 39 euro-75 euro (sekitar Rp436 ribu-Rp840 ribu).

4. Asap dan es (23.00)

Ada pasti akan melihat banyak asap keluar dari mulut orang di ruang es yang terletak di Hangar 19, Quai des Marques. Tempat ini merupakan sebuah bar berkubah putih yang dibuka tahun lalu . Untuk masuk ke tempat ini Anda harus membayar 20 euro (sekitar Rp224 ribu), ini sudah termasuk vodka cocktail dan vodka shots.

5. Musee des Arts Decoratifs (Sabtu, Pukul 11.00 waktu setempat)

Sampai tahun ini, Musee des Arts Decoratifs, yang terletak di 39, Bouffard rue adalah sebuah museum yang hanya akan dicintai seorang nenek dengan menampilkan sebuah rumah boneka cantik yang diisi dengan harpsichords, vas antik dan peninggalan masa lalu dari Bordeaux.

Namun kini, sebuah sayap baru yang ditujukan untuk desain abad ke-20 dan abad ke-21 telah dibuka. Beberapa karya disini banyak yang berasal dari desainer Prancis, termasuk aluminium Dadaist Baroque 1980an dan kursi kayu “Lola Mundo” dari Philippe Starck, dan cermin kotak-kotak yang terputus-putus oleh Putman Andree.

6. L’Autre Petit Bois (13.00)

Medali emas untuk bar Bordeaux tahun ini jatuh ke tangan L’Autre Petit Bois yang terletak di 12 Place du Parlement. Di bawah naungan pohon rindang (buatan) dalam ruangan, sekitar 20-30 orang menyelipkan sesuatu ke dalam mulutnya, mulai dari tomat dengan Mozzarella seharga 5,6 euro (sekitar Rp63 ribu), salad keju kambing seharga 7,5 euro (sekitar Rp84 ribu) dan roti panggang tartines seharga 5-8 euro (sekitar Rp56 ribu-Rp90 ribu). Atau menikmati anggur La Rose Pauillac seharga 7 euro (sekitar Rp78 ribu).

7. Belanja (15.00)

Konsep toko dan butik clubwear telah menggenangi daerah sekitar Place Fernand Lafargue. Pendatang baru termasuk Daddy OK yang berada di 31 rue Ste.-Colombe merupakan sebuah galeri, toko buku dan pusat perdagangan pakaian yang menjual kaus sendiri serta pria t-shirt dan jaket daris label Kulte Marseille.

Ada juga Le Rayon frais yang berada di 31-33, rue St-James yang menjual celana jins hitam dari Bleu de Paname dan kemeja flanel dari Berangere Claire, kedua adalah label Perancis.

8. Mencicipi anggur (18.00)

Selamat datang di masa depan mencicipi anggur. Beli kartu mencicipi yang mempunyai harga 25-100 euro (sekitar Rp280 ribu-Rp1,11 juta) lalu masukkan ke dalam mesin Enomatic berteknologi tinggi. Setelah itu, Anda bisa memilih dari delapan perkebunan anggur Bordeaux, pilih ukuran (2,5, 5 atau 7,5 centiliters) kemudian meletakkan gelas Anda di bawah cerat dan tekan tombol. Inilah rutinitas di Max Bordeaux Wine Gallery and Cellar di 14 Cours de l’Intendance yang dibuka tahun lalu.

9. Menikmati daging domba dalam tiga cara (20.00)

Koki François Adamski memiliki sentuhan Midas. Dia sudah mendapatkan dua penghargaan utama kuliner Prancis, dan tahun ini restoran baru yang sangat elegan, Le Gabriel di 10 place de la Bursa meraih bintang Michelin (penghargaan untuk restoran yang menyagkut makanannya) pertamanya setelah hampir satu tahun eksistensi.

Di restoran ini, menu daging domba bisa disajikan dalam tiga cara yaitu gigot yang lezat, daging panggang yang renyah dan sosis proletar dengan kentang, kacang dan jinten.

10. Hentakan Bordeaux (23.00)

Stevie Wonder, Isaac Hayes dan semua menghantui bar L’Meter Apollo di 19 place Fernand Lafargue dalam bentuk musik. Di sini perempuan muda dan laki-laki muda lusuh akan terlihat sedang main biliar atau minum bersama-sama.

Untuk lagu elektronik, datang saja ke Azuli di 55, Cours d’Alsace-Lorraine dimana seorang DJ akan menggiring Anda dalam suasana yang berdetak kencang

11. Mengunjungi pasar (Minggu, pukul 11.00 waktu setempat)

Minggu adalah hari pasar di Bordeaux. Fashionable Marche des Quais (Quai des Chartrons, yang buka pukul 8.00-16.00 waktu setempat adalah surga bagi penggemar makanan dan tempat yang baik untuk mencicipi tiram segar.

Tempat lainnya adalah Marche St-Michel (dekat gereja St-Michel yang buka pukul 08.00-14.00 waktu setempat. Anda akan menemukan koper antik, radio tahun 1950an radio dan rambu jalan Prancis yang berkarat.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

One response »

  1. Dear Sir/Madam,

    I would like to introduction my company in Bali while you can get special offer organize for your Holiday or Business staying in Bali.
    Could you check out my site:

    http://www.baliautorent.com

    I thank you very much for your nice attention and cooperation while I look forward to having information from you soon.

    Have a nice day…

    With Kind Regards,
    MADE SUMALIA.
    (OWNER)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: