RSS Feed

Memoles Penjara sebagai Kawasan Wisata

Posted on

BEKAS kamar tahanan presiden pertama Indonesia, Soekarno, di Lembaga Pemasyarakatan Su kamiskin Bandung, Jawa Barat, masih sangat terpelihara. Kamarnya berada di sudut lantai dua, dekat tangga besi.

Dulu nomor selnya 233, tapi sekarang menjadi Timur Atas 01. Si Bung menempati kamar ini pada 1930-1931.

Sebagai sebuah cagar budaya, kamar yang berisi satu meja dan satu kursi, lengkap dengan beberapa buku yang tersusun rapi, itu tampak selalu bersih.

Untuk memelihara benda-benda yang pernah digunakan Sang Proklamator, kebijakan yang ditempuh pengelola LP adalah tidak menggunakan kamar itu sebagai ka mar tahanan lagi.

Kamar itu mendapat perlakuan pemeliharaan yang sama dengan kamar lain, dicat secara berkala, juga dibersihkan seperti ruangan lainnya setiap hari. Narapidana penghuni LP Sukamiskin secara bergiliran dan sukarela juga ikut memelihara kamar itu.

Kamar Soekarno akan menjadi salah satu daya tarik wisata LP Sukamiskin. Ke marin, secara resmi Kementerian Hukum dan HAM menetapkan LP ini sebagai kawasan wisata penjara. Rencananya, wisata inovatif tersebut akan dibuka mulai akhir 2010.

Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengatakan wisata penjara diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang program pembinaan di dalam penjara. Sebab, selama ini publik tidak banyak mengetahui kegiatan positif para penghuninya.

“Dengan wisata penjara, kami berharap citra narapidana di mata masyarakat bisa jauh lebih baik. Paling tidak mereka layak diterima kembali setelah menjalani masa hukuman,” ujar Patrialis.

Sukamiskin dipilih sebagai projek percontohan, karena kondisinya cukup ideal. Luas penjara ini sekitar 14 hektare. Total luas bangunan kantor mencapai 6.681 m2 dan luas bangunan blok narapidana 2.610 m2.

“Sukamiskin menyimpan banyak kenangan untuk bangsa. Ini adalah bangunan bersejarah zaman pendudukan Belanda dan pernah menjadi rumah tahanan bagi Soekarno,” katanya.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: