RSS Feed

Merasakan Pengasingan di Rumah Soekarno

Posted on

SAAT berplesiran ke Ende, Nusa Tenggara Timur, cobalah menapaki kisah bersejarah dari tokoh kharismatik dan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Untuk mewujudkan hal ini, Anda bisa datang ke museum yang diberi nama Rumah Soekarno di Jalan Perwira.

Selama perjuangan kemerdekaan Indonesia, Soekarno, pernah diasingkan oleh pemerintah kolonial Belanda selama empat tahun ke Ende, Flores (1934-1938).

Setibanya di Ende, Soekarno tidak memiliki tempat tinggal. Setelah tinggal di sebuah rumah dekat Pelabuhan Ende, ia kemudian mencari sebuah rumah kontrakan yang menghadap ke timur. Soekarno kemudian menemukan sebuah rumah Belanda kepunyaan Haji Abdullah Ambuwaru. Di rumah ini, Soekarno tinggal selama empat tahun.

Pada tahun 1954, ketika Soekarno menjadi Presiden Indonesia, ia secara resmi menjadikan rumah ini sebagai museum. Rumah yang memiliki luas 9 x 18 meter persegi dengan tiga kamar berderet di sisi kanannya.

Untuk masuk ke dalam rumah, Anda harus melewati pintu berdaun ganda. Setelah itu mengisi buku tamu yang disediakan di meja di teras depan serta membayar tiket masuk Rp2.500.

Rumah ini memiliki dua kamar tidur, ruang tamu dan kantor. Di bagian belakang rumah ada sebuah ruangan yang sebelumnya digunakan oleh Soekarno untuk meditasi dan beberapa ruangan untuk pelayan. Di halaman belakang juga ada sebuah sumur yang masih bisa digunakan sampai hari ini.

Di sini, Anda dapat melihat interior rumah termasuk kamar yang sebelumnya pernah digunakan oleh Soekarno termasuk melihat piring, tempat tidur, dan lampu minyak tanah. Selain itu ada juga sebuah lukisan yang dibuat Soekarno pada tahun 1935. Lukisan ini disebut Pura Bali.

Selama pengasingannya di sini, Soekarno juga sempat menulis beberapa drama seperti Dokter Setan (Satanic Doctor). Berada di sini dengan mengenang kisah perjalanan Presiden Soekarno bisa kembali membangkitkan rasa nasionalisme Anda.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: