RSS Feed

Nikmati Liburan Sekolah di Kawasan Indonesia Timur

Posted on

BERLIBUR bersama keluarga adalah sebuah momen penting yang tidak boleh ditinggalkan. Apalagi setelah kita merasakan jenuh dan beratnya beban kerja atau sekolah yang harus dilakukan sebagai suatu rutinitas.

Karena itu, menjelang liburan sekolah pertengahan tahun ini, ada baiknya merencanakan sebuah liburan keluarga, yang tidak hanya di tempat hiburan dalam kota, tapi jauh ke luar kota.

Saat ini Kota Palu, Sulawesi Tengah, adalah tujuan wisata yang sangat menarik dan baik untuk liburan keluarga. Di sana ada Teluk Palu yang bisa kita jelajahi sambil menikmati tiga tempat wisata yang sangat indah. Mulai dari memutar menyusuri Pantai Talise, Taman Ria, dan Pantai Silae.

Pantai Talise adalah salah satu objek wisata andalan Kota Palu. Pantai yang berada di ujung Teluk Palu ini membentang dari Kota Palu hingga Kabupaten Donggala. Dari lokasi wisata ini tampak hamparan teluk dan pegunungan yang begitu indah dan memesona. Keberadaannya yang dekat dari Kota Palu menjadikan pantai ini banyak dikunjungi wisatawan. Di pantai itu wisatawan bisa menikmati pemandangan alam Pantai Talise dengan latar Gunung Gawalise yang memesona.

Pantai Talise kini memang menjadi salah satu tempat wisata malam. Kita bisa menikmati keindahan Teluk Palu yang berbatasan dengan Selat Makassar di bawah terangnya sinar rembulan, memandangi keindahan lampu-lampu dari perahu nelayan yang bergerak-gerak di tengah teluk karena dihempas gelombang, juga menikmati makanan dan minuman khas Kaili.

Kaili adalah etnik asli Palu. Banyak jenis makanan dan minuman tradisional yang bisa diperkenalkan kepada keluarga. Misalnya, sarabba (air jahe yang dicampur sedikit santan dan susu), pisang goreng, pisang gepe (pisang bakar dibumbui keju atau gula merah), dan jagung bakar.

Tidak jauh dari Pantai Talise, kalau kita berjalan kaki santai ke arah barat, akan menemukan Taman Ria. Kita bisa menikmati keindahan yang sama dengan di Pantai Talise. Tapi, di sini lebih lengkap lagi karena banyak warung yang menjual makanan khas seperti kaledo (sup tulang sapi) yang dimakan dengan singkong atau nasi, uvempoi (kuah asam dari tulang sapi) yang dimakan dengan burasa (nasi santan yang dibungkus daun pisang), dan uta dada (semacam opor ayam). Di Pantai Taman Ria ini juga ada restoran yang menyediakan menu nusantara yang lengkap, tapi tetap menu favoritnya adalah ikan bakar.

Bosan berjalan di pantai? Kalau begitu silakan menikmati hangatnya air laut di pagi hari. Bagi mereka yang hobi diving atau snorkeling, akan dapat menikmati keindahan terumbu karang warna-warni yang berbentuk bunga dan pohon. Di Pantai Talise, jika berenang 3 meter saja menjauhi pantai, kita sudah dijemput oleh ikan-ikan hias yang bermain-main di antara karang.

Untuk berlibur satu atau dua pekan penuh bersama keluarga, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas penginapannya. Pantai Talise hanya berjarak 1 kilometer dari hotel terbesar di Kota Palu dan hanya 4 kilometer dari bandara.

Wisata Sejarah

Ingin menikmati keindahan alam pantai lebih banyak lagi, Anda bisa berangkat ke Ambon, Maluku. Begitu mendarat di Bandara Pattimura, kalau kita berkendara ke pusat Kota Ambon, selama 1 jam perjalanan kita akan disuguhi panorama menawan dari Teluk Ambon yang mengitari pulau sepanjang perjalanan.

Selain keindahan pantainya, di Ambon kita bisa melakukan wisata sejarah, mempelajari sejarah Indonesia berabad lampau. Di pusat Kota Ambon, ada benteng tertua di wilayah itu, yaitu Benteng Victoria. Benteng yang dibangun Portugis pada 1775 itu kemudian diambil alih Belanda ketika berhasil memukul mundur Portugis. Belanda pun menjadikan Benteng Victoria sebagai pusat pemerintahan untuk mengeruk harta kekayaan pribumi berupa rempah-rempah.

Setelah perdagangan rempahrempah mulai dilaksanakan di Ambon, Belanda pun membangun Benteng Amsterdam pada awal abad ke-17, tidak jauh dari Gereja Tua Hila. Sebelum membangun Benteng Amsterdam, Belanda juga membangun sebuah kastel, yaitu Kasteel Van Verre yang sejarah lengkapnya tentu bisa kita gali di lokasi wisata.

Bila belum puas dengan wisata sejarah di Ambon, kita bisa menuju Ternate, Maluku Utara. Kita bisa melihat Istana Kesultanan Ternate sebagai saksi sejarah pentingnya peran Kesultanan Ternate sejak abad XIII hingga XVII di Kawasan Timur Indonesia. Bahkan, pada masa keemasannya di abad XVI, wilayah Kesultanan Ternate membentang hingga Kepulauan Marshall di Pasifik.

Pemandangan alam di Ternate pun tidak kalah dari tempat lainnya. Kita bisa menikmati gunung api tertinggi di Maluku Utara yaitu Gunung Gamalama. Di kaki Gunung Gamalama kita bisa menikmati keindahan dua danau, Danau Tolire Besar yang menyerupai loyang raksasa dan Danau Tolire Kecil.

Selama di Ternate, jangan sampai terlewatkan untuk menikmati makanan khas yang disebut papeda yang terbuat dari tepung sagu. Bagi masyarakat Ternate, papeda merupakan makanan pokok layaknya nasi ataupun jagung. Papeda dimakan bersama kuah kuning yang terbuat dari kunyit dicampur dengan ikan tongkol. Makanan ini juga disajikan bersama dengan jeruk nipis yang membuat kenikmatannya semakin tak terkira.

Untuk menikmati semua tempat wisata itu, kita tidak perlu bingung dengan transportasinya. Pesawat terbang milik maskapai Garuda Indonesia siap menemani perjalanan dengan aman. Biasanya pesawat Garuda dari Jakarta ke Ambon berangkat pukul 09.30 dengan sekali transit di Makassar. Adapun dari Ambon, pesawat yang berangkat ke Jakarta akan take off pukul 17.00 WIT. Penerbangan untuk ke Ternate dilayani pesawat Garuda dari Jakarta pukul 06.10 WIB dengan transit di Manado dan tiba di Ternate pukul 13.00 WIT.

Untuk pesawat ke Jakarta, berangkat dari Ternate pukul 13.40 WIT dan tiba di Jakarta pukul 16.20 WIB. Adapun pesawat Garuda ke Palu akan berangkat dari Jakarta pukul 12.00 WIB dengan transit di Makassar dan tiba di Palu pukul 17.05 Wita. Pesawat Garuda dari Palu ke Jakarta akan berangkat pukul 17.45 Wita setiap harinya.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: