RSS Feed

Enam Ngarai Indah di Muka Bumi

Posted on

NGARAI atau jurang besar adalah salah satu keajaiban alam yang diukir selama ribuan tahun oleh sungai yang bergerak cepat. Fenomena alam ini sangat sayang untuk dilewatkan bila Anda berkunjung ke salah satu negara yang mempunyai ngarai spektakuler.

Beberapa ngarai (canyon) ini menawarkan pemandangan yang paling dramatis di muka bumi. Kebanyakan ngarai terbentuk dari proses erosi yang sangat lama dari dataran tinggi. Tebing terbentuk karena bebatuan keras yang tahan terhadap erosi sementara pelapukan dinding lembah akibat cuaca masih terjadi.

Berikut ini enam ngarai terindah di beberapa negara yang mungkin salah satunya bisa Anda kunjungi.

1. Todra Gorge

Todra Gorge terletak di sebelah timur dari Pegunungan Atlas di Maroko dan mempunyai titik puncak setinggi 600 meter yang sangat spektakuler. Di bawah ngarai, kondisi bebatuan menyempit dengan trek datar berbatu dengan kelebaran sekitar 10 meter sementara tebing-tebing disampingnya yang berdinding batu tipis dan halus menjulang hingga 160 meter. Diantara tebing yang menjulang terdapat aliran sungai kecil.

Sangat mudah untuk berjalan-jalan di sekitar ngarai karena ada jalan tanah yang terawat baik. Pemandangan di ngarai ini sangat spektakuler dan Anda juga bisa melihat masyarakat lokal dengan keledai kecilnya.

2. Kings Canyon

Kings Canyon adalah salah satu daya tarik wisata utama di daerah gurun selatan dari wilayah Utara Australia. Formasi kubah misterius, tebing yang tajam, dan pemandangan yang indah bisa Anda lihat di ngarai ini. Dinding tebing Kings Canyon mempunyai ketinggian lebih dari 300 meter, dengan Kings Creek di bagian bawahnya. Beberapa bagian dari ngarai juga merupakan situs suci suku Aborigin.

Bila Anda berkunjung ke ngarai ini dianjurkan untuk berjalan di jalur yang telah disediakan. Jalur yang paling populer adalah Giles Track (22 kilometer) yang menghubungkan King Canyon dengan Kathleen Springs.

3. Taroko Gorge

Terletak dekat pantai timur berbatu Taiwan, Taroko Gorge adalah salah satu daya tarik wisata terpopuler di wilayah ini. Ngarai ini memanjang sejauh 19 kilometer dan menawarkan sejumlah hiking trails dengan pemandangan yang menakjubkan dari tebing spektakuler dan air suangai yang deras. Nama Taroko mempunyai arti megah dan indah. Nama ini berasal dari suatu kisah dimana pada jaman dahulu, suku asli Truku melihat keindahan yang menakjubkan ketika berjalan keluar dari ngarai. Takjub dengan suasana yang indah, mereka kemudian berteriak “Taroko”.

4. Copper Canyon

Copper Canyon sebenarnya adalah sebuah jaringan lembah yang beberapa kali lebih besar daripada Grand Canyon. Ngarai ini dibentuk oleh enam sungai yang mengalir di sisi barat Sierra Tarahumara (bagian dari Sierra Madre Occidental). Enam sungai ini bergabung ke Rio Fuerte Rio dan mengalir ke Laut Cortez.

Cara yang paling populer untuk menjelajahi Cooper Canyon dengan menggunakan kereta api Chihuahua al Pacifico. Jalur kereta ini melewati 37 jembatan dan melalui 86 terowongan dengan kondisi menanjak setinggi 2.400 meter di atas permukaan laut yang menawarkan pemandangan dari lembah.

5. Colca Canyon

Colca Canyon merupakan lembah Sungai Colca, di pegunungan Andes, Peru selatan. Ngarai ini dua kali lebih dalam dari Grand Canyon tapi mempunyai dinding lembah yang kurang curam. Di Lembah berwarna ini berdiri kota-kota yang dibangun pada zaman kolonial Spanyol dan sebelumnya dihuni oleh Collaguas dan Cabanas.

Daya tarik besar Colca Canyon, di samping pemandangan yang luar biasa, adalah burung rajawali Andes. Burung rajawali dapat dilihat dari jarak yang cukup dekat saat mereka terbang di ketinggian.

6. Grand Canyon

Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal yang diukir oleh Sungai Colorado di Utara Arizona. Sebagian besar wilayah Grand Canyon berada di Taman Nasional Grand Canyon dan jurang ini juga merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia. Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa, Garc­a Lopez de C¡rdenas dari Spanyol pada 1540.

Jurang ini diciptakan oleh Sungai Colorado yang memotong sebuah selat selama jutaan tahun. Panjang ngarai ini kira-kira 446 km dan mempunyai lebar mulai dari 6 – 29 km dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2.000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya saat dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: