RSS Feed

Cerdas Memakai Kartu Kredit saat Tamasya

Posted on

REVA, 27, baru saja kembali dari Singapura. Wajahnya berseri-seri. Maklum saja, ia sedang bahagia karena keinginannya menonton F1 dan konser No Doubt tercapai. Akan tetapi, rasa bahagia itu seolah sirna ketika membaca tagihan kartu kredit pada bulan berikutnya.

“Tagihannya besar, 60% dari gaji. Sengaja belanja pakai kartu kredit. Waktu pergi ke sana, lagi nggak ada duit,” ungkap Reva.

Pengalaman Reva boleh jadi dialami pula oleh sejumlah pengguna kartu kredit lain. Demi mengatasi keterbatasan dana, mereka akhirnya memanfaatkan kartu kredit untuk menalangi biaya traveling.

Dana traveling yang mereka keluarkan dari kartu kredit umumnya cukup besar. Apalagi jika tamasya melibatkan seluruh anggota keluarga dan dilakukan di luar kota atau luar negeri.

Komponen-komponen biaya yang mereka alokasikan untuk berlibur biasanya mencakup ongkos transportasi, akomodasi, tiket masuk objek wisata, makan, dan belanja. Komponen yang terakhir disebut sering kali menguras kocek apabila pengguna kartu tidak kuat menahan godaan untuk berbelanja.

Menurut perencana keuangan sekaligus Planning Director QM Financial Tejasari, kartu kredit dapat dianalogikan dengan pisau. “Kalau kita pakai sesuai kegunaannya akan berguna,” kata Tejasari kepada Media Indonesia beberapa waktu lalu di Jakarta.

Ia menambahkan, kartu kredit sebenarnya alat pembayaran. Persoalannya, orang sering kali menggunakannya sebagai alat utang. Pemanfaatan kartu kredit sebagai alat utang akan menimbulkan masalah bila penggunanya adalah orang yang konsumtif.

Kendala yang kemudian muncul adalah mereka berbelanja melebihi limit sehingga tidak dapat segera melunasi pembayaran. Apabila kondisi itu terjadi, masalah berikutnya yang muncul ialah mereka tidak hanya memiliki utang sebesar dana yang digunakan. Mereka juga harus membayar bunga berjalan yang perhitungannya menggunakan konsep bunga berbunga.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Tejasari menyarankan agar pengguna kartu kredit segera melunasi tagihan sebelum jatuh tempo. Sebagai contoh, apabila mereka memakai Rp2 juta, lunasi semuanya sebelum jatuh tempo.

Jika tidak sanggup melunasi, bayar cicilan secara rutin. Namun, usahakan nilainya jangan sampai berkurang. Seandainya pada bulan ini membayar Rp1 juta, bulan berikutnya pun sebaiknya bayar minimal sebesar Rp1 juta. Jika nilainya dikurangi, tagihan bunga semakin besar. Saran berikutnya ialah hindari memiliki terlalu banyak kartu kredit. Tidak perlu tergiur oleh promo-promo yang ditawarkan penerbit kartu kredit lain. Satu hal yang terpenting, jangan punya kartu kredit jika merasa belum sanggup memakainya.

Libur seharusnya ajang relaksasi dan mengembalikan kesegaran pikiran. Sayangnya, penggunaan kartu kredit yang di luar perhitungan malah menghilangkan manfaat tersebut. Padahal, kartu kredit bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Dari sisi keamanan, pemakaian kartu kredit saat berlibur memungkinkan Anda tidak perlu membawa uang tunai. Pasalnya, kartu tersebut berfungsi pula sebagai uang tunai. Apabila ada ‘tangan jail’ yang mengambil dompet, Anda dapat segera menghubungi call center penerbit kartu untuk memblokir kartu kredit. Jika membawa uang tunai, hal itu sudah pasti tidak dapat dilakukan. Hasilnya, uang Anda pun lenyap bersama si ‘tangan jail’.

Kemudian, kartu kredit juga menawarkan kepraktisan. Saat ini, membawa ATM saat berlibur sudah lazim. ATM menguntungkan. Ketika kocek menipis, Anda dapat langsung mengambil uang melalui ATM. Namun, belum tentu mudah menjumpai ATM bank Anda di kota yang dikunjungi.

Keuntungan lain ialah kesempatan mendapat point reward. Kebanyakan bank menawarkan point reward kepada nasabahnya yang menggunakan kartu kredit mereka untuk berbelanja. Artinya, jika berbelanja dengan kartu kredit, Anda dapat mengumpulkan poin yang bisa ditukar dengan aneka hadiah.

Pemakaian kartu kredit secara cerdas juga justru akan memberi keuntungan bagi Anda. Beberapa tahun belakangan bank beramai-ramai meluncurkan program promo. Entah itu pemberian potongan harga untuk pembelian makanan dan minuman di resto, pemesanan kamar di hotel, karcis masuk objek wisata, atau tiket pesawat. Anda bisa memanfaatkan promo tersebut untuk menghemat biaya traveling.

Penggunaan kartu kredit juga bisa mendukung kenyamanan, khususnya jika Anda bepergian dengan pesawat.( Rina Garmina/mediaindonesia)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: