RSS Feed

Plesiran Ke Kota Si Slash Yuk …

Posted on

JIKA Anda sedang berlibur ke Inggris, jangan lewatkan mampir ke kota Stoke-on-Trent, Staffordshire. Meski tidak sebesar London, kota tempat Slash dibesarkan, gitaris band Velvet Revolver  ini memiliki banyak tempat wisata yang cukup menarik.

Slash yang memiliki nama asli Saul Hudson ini memang lahir di Hampstead pada 1965. Namun dia dibesarkan di Stoke-on-Trent, yang terletak di antara Manchester dan Birmingham. Slash yang juga mantan gitaris Guns N’ Roses ini akan manggung di Jakarta pada awal Agustus ini.

Transportasi yang tersedia di kota kecil Stoke-on-Trent adalah kereta api dan bus. Bagi Anda yang akan memulai perjalanan dari Kota Manchester dan London, bisa segera menggunakan transportasi kereta api dengan jurusan Manchester-Stafford yang terhenti di Stoke-on-Trent Railway Station.

Namun bagi Anda yang ingin menggunakan bus, bisa melakukannya dari Stasiun Bus Hanley dengan mengendarai bus umum atau bus-bus yang sudah disediakan oleh perusahaan tembikar First PMT.

Berikut tempat-tempat wisata di Stoke-on-Trent :

1. Caldon Canal

Caldon Canal adalah sebuah kanal indah di Stoke-on-Trent yang mengalir sepanjang 18 mil melintasi Mersey Canal, Etruria hingga Froghall. Kanal yang dilengkapi dengan 17 pintu air dan Froghall Tunnel sepanjang 69 meter ini dibuka pada 1779.

Kanal Caldon dipromosikan dan dibangun oleh pemilik perusahaan Canal Trent & Mersey. Pada awalnya kanal ini dibangun untuk membawa batu kapur dari wilayah tambang Caldon yang rendah untuk kemudian diangkut ke dermaga Froghall melalui tiga jalur trem. Pada 1970 – 1974 kanal ini juga sempat dipugar. Air di kanal Caldon dipasok dari danau Rudyard (melalui cabang Leek), Stanley dan waduk Kynpersley.

2. The Potteries Museum & Art Gallery

The Potteries Museum & Art Gallery adalah sebuah museum tembikar di Hanley, Stoke-on-Trent, yang aktif memproduksi barang-barang tembikar berkualitas tinggi.

Setiap galeri menawarkan nilai seni, dekoratif, kostum apik, sejarah lokal hingga beberapa koleksi arkeologi dan sejarah alam. Adapun sebuah kapal perang dunia Supermarine Spitfire yang dirancang oleh RJ Mitchell dalam bentuk hiasan bisa Anda lihat pada layar permanen. Sejak Februari 2010, Museum & Galeri Seni tembikar juga dijadikan sebagai rumah berbagai artefak yang tertimbun di Kota Staffordshire.

Museum ini buka dari hari Senin-Sabtu mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat sedangkan hari Minggu buka mulai pukul 14.00-17.00 waktu setempat dengan bebas biaya masuk.

3. Gladstone Pottery Museum

Gladstone Keramik Museum adalah museum gerabah berukuran sedang yang khas di wilayah LT Staffordshire Utara, Inggris. Museum ini dibangun pada abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-20. Bangunan museum unik ini terlihat seperti layaknya sebuah botol besar yang terpampang di samping beberapa bangunan rumah berbata merah.

Anda bisa berkunjung ke museum ini setiap hari mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat. Untuk orang dewasa deikenakan biaya masuk 5,95 Euro (sekitar Rp.67 ribu) sedangkan anak-anak usia 4-6 tahun 4,5 Euro (sekitar Rp.51 ribu).

4. Ford Green Hall

Ford Green Hall adalah sebuah rumah untuk pertanian yang dibangun pada tahun 1624 di atas lahan yang berdekatan dengan jalan kecil B5051 di timur Smallthorne, Stoke-on-Trent. Rumah kayu di abad ke-17 ini berdiri di lahan pertanian seluas 36 hektar (150.000 m2) dan pengembanggannya telah dikelola oleh Stoke-on-Trent City Council.

Di dalam bangunan ini Anda bisa melihat koleksi yang mengesankan dari keramik, tekstil dan furniture serta Anda akan merasakan sensasi dari kehidupan di abad ke-17.

Ford Green Hall buka dari hari Minggu-Kamis mulai pukul 13.00-17.00. Orang dewasa dikenakan biaya masuk 2,5 Euro (sekitar Rp.28 ribu), keluarga 5,95 Euro (sekitar Rp.67 ribu) dan anak-anak dibawah usia 5 tahun bebas biaya masuk.

5. Etruria Industrial Museum

Etruria adalah salah satu museum tembikar di Staffordshire, Stoke-on-Trent milik pengusaha tembikar Josiah Wedgwood yang sebelumnya berpusat di Burslem pada tahun 1769. Museum ini berada di sebelah Trent dan Mersey Canal serta rumah pribadi Wedgwood.

Adapun ruang Euturia Hall yang dulunya dijadikan sebagai pabrik pembuatan tembikar oleh perusahaan Wedgwood hingga tahun 1950 dan kemudian dipindahkan ke desa Barlaston yang berjarak sekitar enam kilometer di sebelah selatan Museum Etruria.

Museum ini buka dari hari Rabu-Minggu mulai pukul 12.00-16.30 waktu setempat. Biaya masuk untuk orang dewasa 2,5 Euro (sekitar Rp28 ribu), keluarga 5,95 Euro (sekitar Rp67 ribu) sedangkan anak-anak di bawah usia 5 tahun dan pengguna kursi roda bebas biaya masuk

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: