RSS Feed

6 Pendidikan Petualangan untuk Anak

Posted on

UNTUK anak-anak, segala sesuatu dalam hidup adalah pengalaman belajar. Anda sebagai orangtua, mengapa tidak menambah pendidikan mereka dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang memiliki edukasi dan yang tidak membutuhkan biaya mahal?

Mendapatkan petualangan yang mendidik dalam keluarga tentu saja menyenangkan bagi semua orang termasuk buah hati Anda. Berikut adalah enam ide cemerlang yang bisa Anda lakukan untuk mereka.

1. Botanical garden
Adalah kesempatan baik untuk anak Anda belajar tentang berbagai jenis tanaman dan bagaimana mereka tumbuh. Sebelum memulainya berbicaralah dengan mereka tentang berbagai kategori tanaman di rumah.

Melihat foto-foto dari internet dapat membantu mereka agar dapat mengidentifikasi tanaman ketika sudah berada di kebun milik keluarga di belakang rumah misalnya.

2. Plant nursery
Ini adalah tempat yang bagus untuk segera Anda kunjungi setelah botanical garden. Disini anak-anak bisa belajar dan melihat pertumbuhan tanaman secara langsung mereka, apa saja yang tanaman butuhkan, dan bagaimana anggaran pengeluaran untuk merawat tanaman.

Yang terpenting disini adalah dengan melihat langsung tumbuhan itu tumbuh merupakan pengalaman yang terbaik untuk belajar.

3. Penyelamatan hewan
Mengunjungi tempat penyelamatan dan perlindungan binatang seperti kucing, anjing atau binatang liar akan membantu anak menanamkan rasa hormat terhadap binatang.

Sebelum melakukan kunjungan, sebaiknya diskusi terlebih dahulu mengenai apa yang terjadi pada hewan dan binatang jika sedang sakit hingga terluka tanpa ada orang yang merawatnya. Selama di sana anak-anak dapat belajar peran menyelamatkan hewan bermain dalam merawat dan menemukan rumah untuk ditinggalkan hewan.

4. Perpustakaan umum
Ada banyak informasi dan menyenangkan di perpustakaan umum. Bicarakan kepada anak tentang hal yang berbeda yang dapat mereka lakukan dan temukan di perpustakaan sebelum mereka pergi.

5. Kebun binatang
Kebanyakan kota-kota besar memiliki kebun binatang lokal yang juga menyediakan akuarium raksasa. Sebelum berangkat kesana, kumpulkan dan tinjau dari web mengenai binatang apa saja yang terdapat disana.

Selama di sana, anak-anak dapat mengambil gambar dan menuliskan catatan perjalanan mereka selama di kebun binatang setelah kembali. Usai dari sana, Anda mungkin terinspirasi untuk membeli akuarium kecil untuk anak Anda dan mereka pasti akan tambah senang.

6. Pertunjukan teater atau musik
Ajak anak melihat dunia baru dengan mengajaknya menyaksikan pertunjukan teater dan musik. Seringkali, harga tiket pertunjukkan di siang hari lebih terjangkau bagi keluarga dan seperti biasa sebelum menonton sebuah diskusi pra-petualangan akan membuka pemikiran untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.(adinda putri)

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: