RSS Feed

Petualangan Spiritual di Batu Cave

Posted on

BATU Cave atau Gua Batu ini menjadi salah satu wisata utama di negara bagian Selangor, Malaysia, khususnya sebagai pusat perayaan festival Hindu Thaipusam di kawasan Gombak atau 13 kilometer di sebelah utara Kuala Lumpur.

Nama Batu Cave yang sudah berumur 400 juta tahun ini diambil dari nama sebuah Sungai Batu yang mengalir di sepanjang bukit di Desa Batu Cave dan ditemukan oleh suku asli di sana.

Meski terlihat seperti area perbukitan yang berlubang, namun pada tahun 1891 Batu Cave mendapat sentuhan khusus dari seorang pedagang India K. Thamboosamy Pillai yang merubahnya menjadi sebuah kuil Hindu yang ternama. Salah satu kreasinya adalah dengan memasang patung Sri Subramania Swamy atau dikenal sebagai Temple Cave.

Dari berbagai kuil gua, Kuil atau Katedral Gua adalah yang terbesar dan paling terkenal karena tinggi kuil Hindu pada umumnya hanya di bawah 100 m dari langit-langit yang berbentuk kubah.

Bagi Anda yang ingin menuju ke kuil Batu Cave harus memulai perjalanan dari Terminal Bus Pudu Raya, Kuala Lumpur. Bus bernomor 70 dan 349 akan berangkat dari Lebuh Pudu (Kota China) setiap 30 menit dan mampu mengantar Anda ke sana selama 45 menit perjalanan.

Begitu tiba di sana, Anda pun akan disambut dengan sekumpulan kera liar yang siap menerima makanan-makanan ringan seperti kacang tanah dan pisang.

Sebelum tiba ke puncak Batu Cave, Anda juga harus membutuhkan tenaga yang ekstra karena harus mendaki 272 anak tangga kayu yang sudah berumur puluhan tahun (dibuat sejak tahun 1920).

Adapun arena pemandian di dekat Sungai Batu (Rocky River) yang disediakan untuk para pengunjung yang lelah dan ingin mendapatkan kesegaran kembali setelah melakukan perjalanan yang jauh.

Batu Cave suci ini dibuka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 9 malam waktu setempat. Sedangkan festival Thaipusam adalah cara pemujaan terhadap Tuhan Murugan yang dilakukan oleh para pemeluk agama Hindu, khususnya suku Tamil di Malaysia.

Festival keagamaan yang pertama kali diadakan sejak 1892 ini menjadi tradisi tiap tahun di bulan Januari atau Februari. Bahkan tradisi Malaysia ini sangat dikenal di beberapa negara, seperti India, Australia hingga Singapura.

sumber : media indonesia

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: