RSS Feed

Wuzhen, Venesia dari Timur

Posted on

KOTA Wuzhen di China yang berusia sekitar 6.500 tahun sering disebut ‘Venesia dari Timur’. Kota ini terletak di sekitar kanal yang merupakan bagian dari kanal Beijing-Hangzhou, kanal terpanjang di dunia.

Lebih dari seribu tahun terakhir, kota Wuzhen  yangn terletak diantara 2 provinsi, JiangSu dan ZheJiang ini tidak berubah, mulai dari sistem air sampai cara hidupnya. Keseluruhan kota merupakan salah satu peninggalan yang paling penting dari budaya China. Ini benar-benar merupakan museum hidup bagi sejarah peradaban kuno, makanan dan tradisi.

Semua bangunan di Wuzhen yang berusia ribuan tahun dibangun dengan kayu tradisional dan arsitektur batu dengan atap genteng. Selama berabad-abad masyarakat setempat telah membangun rumah dan pasar di sepanjang tepi sungai dengan pagar dan jembatan batu melengkung yang menghubungkan perumahan dan kehidupan desa.

Di kota kuno ini ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, seperti mengunjungi restoran, teater paviliun terbuka, lokakarya pembuatan tembikar, dan kegiatan lainnya. Tapi jika Anda ingin bersantai, tempat ini juga menawarkan suasana yang tenang dan damai.

Saat Anda memutuskan untuk berkeliling kota, sebaiknya gunakan sebuah perahu kayu tradisional. Sambil menyusuri sungai Anda akan dibawa pada pengalaman kota tradisional China.

Usai mesnyusuri sungai, Anda bisa berjalan-jalan melalui gang-gang sempit yang kental akan nuansa cina zaman dulu. Salah satu tempat menarik yang bisa Anda kunjungi adalah East Street yang telah menjadi pusat bisnis makmur Wuzhen sejak zaman kuno. Lebih dari 700 rumah tangga lokal tinggal di sepanjang jalan ini. Sambil melihat-lihat Anda juga bisa membeli beberapa barang sebagai oleh-oleh.

Selain wisata belanja, banyak juga pusat-pusat pameran yang menarik di sini, termasuk Museum Ukiran Kayu dan Hundred Bed Museum atau Anda bisa menonton Opera Huagu yang dimainkan di panggung berusia seratus tahun.

Setelah puas berkeliling Anda bisa benar-benar merasakan kehidupan tradisional China dengan menginap di salah satu rumah warga. Setelah industri pariwisata semakin maju, masyarakat setempat sengaja dilokalisasikan, sementara rumah mereka berubah fungsi menjadi tempat singgah para wisatawan.

Masih banyak tempat-tempat menarik lainnya di Wuzhen yang harus Anda datangi. Jadi, bersiaplah untuk menjelajah dan menemukan hal-hal mengejutkan di kota air kuno Wuzhen.

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: