RSS Feed

Tips Wisata Murah ke Malaysia

Posted on

Bagi yang ingin berlibur ke Malaysia tapi dananya pas-pasan, mungkin tips ini bisa sedikit membantu apalagi sekarang fiskal sudah dibebaskan bagi yang sudah mempunyai NPWP. Terlebih, Malaysia juga merupakan salah satu negara dengan biaya hidup yang kurang lebih sama dengan Indonesia, sehingga budget liburan jadi tidak terlalu mencekik leher.

Penerbangan
Penerbangan murah selain Air Asia yang bisa kita pakai adalah Lion Air. Detilnya bisa dibuka di http://www.lionair.co.id, pembayaran untuk pembelian tiket secara on line bisa dilakukan dengan kartu kredit maupun ATM, khusus untuk ATM diberi jangka waktu 2 jam untuk melakukan pembayaran sejak dari tiket di booking. Sedangkan untuk pembelian melalui kartu kredit maka pemilik kartu kredit juga harus ikut dalam penerbangan.

MRT, Kuala LumpurTransportasi

Terdapat 2 airport utama di KL, yaitu Low Cost Carrier Terminal/LCCT (khusus untuk penerbangan dengan Air Asia) dan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) untuk penerbangan selain Air Asia. Kedua airport ini terletak jauh dari pusat kota. Transportasi dari LCCT bisa menggunakan taksi maupun bis, sedangkan dari KLIA terdapat pilihan sbb:

KLIA Express, yaitu kereta api dengan jarak tempuh hanya 30 menit dari KLIA ke KL Sentral (interchange terbesar), harganya RM 35. Budget Taksi dengan harga sekitar RM 50 keatas.

Kalo mau hemat sich mendingan naik bis aja, jauh lebih murah. Untuk ke arah kota, maka perhentian terakhir bis adalah di KL Sentral. Dari KL Sentral ada banyak moda transportasi yang dapat digunakan untuk kita melanjutkan perjalanan. Mulai dari monorail, Star Line / LRT, KTM maupun taksi.

Untuk jalan-jalan dalam kota, kalo pergi sendirian lebih baik menggunakan monorail, Star Line / LRT maupun KTM. Tapi kalau bepergian 3 orang atau lebih, mendingan naik taksi karena ongkosnya lebih hemat.

Ini adalah rute kalo memakai Star Line/LRT, jadi kalo pembaca sudah di KLCC untuk menuju ke Masjid Jamek, Pasar Seni dan KL Sentral dekat sekali dan mudah.

Penginapan

Sebagai referensi, ada satu hotel bintang dua yang lumayan nyaman dan di tengah kota, yaitu Hotel Wira. Info lebih lengkapnya bisa diklik di http://www.wirahotel.com.my. Rate disini lumayan murah, untuk standard room hanya RM 125 per malam.

Hotel Wira tempatnya lumayan strategis, dekat dengan The Mall (supermarket dan mall) dan PWTC. Kalau dari Hotel Wira ke KLCC / Petronas Twin Tower, naik taksi dengan meter hanya RM 5-6 saja, tapi kalo udah lewat jam 9 malam harganya bisa naik 2-3 kali lipat, jadi RM10–15. Dengan transportasi umum lainnya juga dekat, seperti Star Line/LRT, Monorail dan KTM.

Ada hotel milik Air Asia yaitu Tune Hotel, dengan rate termurah RM 9,99 per malam tapi tanpa tv, sabun, handuk, telephone dan AC, tapi ada kipas sich. Kalo mau ya bawa sendiri sabun dan handuknya, kalo mau AC ya bayar lagi. Kalo dari KL sentral naik monorail bisa turun di Station Medan Tuanku. Untuk lebih detil tentang Tune Hotel bisa diklik di http://www.tunehotels.com.

Tempat wisata yang perlu dikunjungi

Untuk dalam kota, China Town / Petaling Street wajib buat dikunjungi, terutama untuk membeli oleh-oleh seperti t-shirt, dll. Kalau sudah di Petaling Street, untuk mencapai tempat wisata lainnya seperti Pasar Seni, Masjid Jamek tinggal jalan kaki saja dan papan petunjuk pun sangat jelas. Kalo bingung, tanya2 aja sepanjang jalan…tapi siap2 kaki pegel2, oya jangan lupa bawa sandal jepit?.

Bagi yang punya hobi shopping, jangan lupa mengunjungi KLCC / Petronas Twin Tower, Bukit Bintang, Mid Valley dan Sungei Wang. Buat penggemar gadget, perlu banget mengunjungi Low Yat buat melihat perkembangan teknologi terbaru.

Kalo ada waktu lebih boleh juga mengunjungi Genting Highlands.  Untuk mencapai Genting Highlands bisa memakai bis dari KL Sentral menuju station Skyway dan kepuncaknya dilanjutkan dengan Skyway Cable Car ini. Silahkan klik http://www.genting.com.my untuk lebih jelasnya. Ada juga harga paket tapi kalo gak mau harga paket bisa beli tiket bis saja dari KL Sentral ke Station Skyway kemudian saat sudah sampai di station Skyway beli tiket untuk skywaynya kurang lebih RM 20 pulang pergi, kalo paket itu sekitar RM 42 untuk hari2 biasa.

Makanan yang murah

Bukan ke Malaysia namanya kalau belum mencoba Roti Canai dan Teh Tarik. Kalau aku sich sukanya Roti Telur (canai yang pake telur). Makanan di kedai mamak / rumah makan India memang lebih murah dibandingkan makan di mall. Harga Roti Canai Telur kalo udah dikota bisa RM2 tapi kalo dipinggir kota masih RM1.30, sedangkan untuk teh tarik antara RM1.20-RM1.80 tergantung tempat juga.

Untuk backpackers

Bagi backpackers yang ingin meneruskan perjalanan ke Singapore maupun ke Thailand bisa dengan memakai kereta api maupun bis, tiket untuk kereta api bisa dibeli di KL Sentral, sedangkan untuk bis bisa dibeli di terminal bis Puduraya.
Untuk lebih jelasnya mengenai transportasi perjalanan ke Singapore dan Thailand bisa dibuka di http://www.ktmb.com.my

Selamat jalan – jalan dan jangan lupa oleh – olehnya …

Penulis : Nur Dyah – Kualalumpur
Sumber: Kompas Community

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: