RSS Feed

Norias of Hama : Kincir Air Raksasa dari Syria

KINCIR air raksasa atau Norias of Hama di Syria telah menjadi penghias lansekap kota Hama sejak era Mamluk. Fungsi aslinya adalah untuk mengairi ladang pada abad ke-12 dan 13, namun kini Norias of Hama telah menjadi daya pikat tersendiri bagi turis yang berkunjung ke Kota Hama.

Selama era Mamluk, pada pemerintahan Dinasti Ayyubiyah di akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13, banyak noria (kincir air) telah direkondisi dan diperbesar. Mamluk juga meningkatkan jumlah kincir air di kota. Pada suatu waktu, Kota Hama abad pertengahan berisi lebih dari 30 kincir air. Sekarang yang tersisa hanya 17 dan sudah tidak terpakai.

Roda noria mempunyai diameter sampai dengan 20 meter. Ini memungkinkannya melakukan sistem pengairan dengan cara kerja yang sedemikian rupa sehingga wilayah kota tertentu mendapat pasokan air.

Anda bisa menemukan dua noria di dekat sungai, dekat benteng. Sementara di hulu dari pusat Bichriyat, ada empat noria. Sedangkan di hilir, Anda akan menemukan noria terbesar yaitu al-Mohamadiyya, yang digunakan untuk memasok air ke Masjid Agung.

Seiring berkembangannya dunia pariwisata di Kota Hama, muncullah berbagai restoran dan kafe di sepanjang Sungai Orontes, tempat dimana kincir air raksasa itu melakukan tugasnya. Beberapa kafe dan restoran tersebut menyajikan pandangan kincir air raksasa itu sebagai pelengkap waktu bersantap.

Nah, jika akan berlibur ke Syria, jangan lupa abadikan karya spektakuler kincir air raksasa itu ke dalam kamera Anda.

About these ads

About travelyuk

indonesia hotel reservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: